Fasilitasi Mudik Gratis, Brand Lokal Ini Berikan Seat Khusus untuk Pekerja Perempuan

Senin, 08 April 2024 - 14:14 WIB
loading...
Fasilitasi Mudik Gratis, Brand Lokal Ini Berikan Seat Khusus untuk Pekerja Perempuan
MS GLOW bersama Kemenparekraf menggelar kegiatan mudik gratis guna memfasilitasi para perantau di Jakarta yang akan pulang ke kampung halaman di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Untuk kali ketiga, brand lokal MS GLOW menggelar kegiatan mudik gratis guna memfasilitasi para perantau di Jakarta yang akan pulang ke kampung halaman di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bertajuk Mudik Bareng MS GLOW 2024, salah satu unit bisnis unggulan J99 Corp. di bidang industri kecantikan itu kembali menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memberangkatkan sekitar 500 pemudik dengan tiga rute tujuan yaitu Jakarta – Semarang – Surabaya, Jakarta – Surabaya – Malang, dan Jakarta – Solo – Yogyakarta. Mereka dilepas secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno beserta Founder J99 Corp. dan MS GLOW, yakni pasangan Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari, di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

“Bagi para perantau di Jakarta, mudik dan berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman adalah momen yang paling dinanti di pengujung bulan Ramadan. Sayangnya tidak setiap orang memiliki kesempatan untuk bisa mudik, terutama karena masalah transportasi di mana tiket cenderung lebih sulit didapatkan ataupun harganya menjadi lebih mahal setiap kali memasuki musim lebaran," kata Gilang Widya Pramana.

"Oleh karena itu, kami di J99 Corp. berupaya untuk memberikan manfaat kepada masyarakat yang ingin melakukan mudik dengan memfasilitasi mereka melalui program mudik gratis ini,” lanjutnya.

Shandy Purnamasari mengungkapkan hal senada.

“Alhamdulillah tahun ini menjadi tahun ketiga MS GLOW menggelar program mudik gratis bekerja sama dengan Kemenparekraf. Mudik Bareng MS GLOW 2024 merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial kami terhadap kesulitan para perantau di Jakarta untuk mendapatkan tiket mudik di musim lebaran. Apalagi melihat besarnya animo masyarakat atas kegiatan Mudik Bareng MS GLOW di tahun-tahun sebelumnya, membuat kami yakin bahwa program serupa harus kontinyu dilakukan untuk memfasilitasi kebutuhan mereka yang ingin pulang ke kampung halaman dan berlebaran bersama keluarga besar," beber Shandy.

Tahun ini, kuota pemudik yang bisa ikut dalam program mudik gratis MS Glow berjumlah 500 orang. Lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang diikuti oleh 400 orang.

“Kami ingin program mudik bareng ini memiliki value lebih bagi orang-orang ataupun komunitas yang memang layak mendapatkannya. Jika tahun lalu kami menyediakan seat untuk para pengemudi ojek online, tahun ini kami turut memberangkatkan puluhan buruh, pedagang, dan pekerja perempuan beserta keluarganya dalam rombongan. Sejalan dengan semangat Women with Value yang senantiasa dikobarkan oleh MS GLOW, seat khusus ini kami berikan sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang selama ini telah bekerja keras menjadi wanita berdaya dalam membantu perekonomian keluarganya,” papar Shandy.

Salah satu perempuan yang ikut dalam mudik gratis ini adalah Purdianingsih atau biasa dipanggil Ibu Ning, seorang buruh jahit di Cakung, Jakarta Timur. Bekerja sebagai buruh jahit di industri konveksi rumahan membuatnya tidak bisa leluasa untuk melakukan mudik setiap tahun.

“Sudah lebih dari tiga tahun saya dan keluarga tidak melakukan mudik ke kampung halaman di daerah Semarang. Selain karena memang tahun-tahun kemarin ada pandemi, faktor keuangan juga menjadi kendala bagi kami untuk pulang kampung. Apalagi saya dan suami yang sama-sama bekerja sebagai buruh jahit di industri rumahan, harus terlebih dulu menabung uang lebih setiap kali mau mudik," ungkap Ibu Ning.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)