Ratusan Pendaki Ikuti Upacara Kemerdekaan di Puncak Gunung Sumbing

Senin, 17 Agustus 2020 - 10:37 WIB
loading...
Ratusan Pendaki Ikuti Upacara Kemerdekaan di Puncak Gunung Sumbing
Ratusan pendaki saat mengikuti upacara kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Sumbing, Senin (17/8/2020). Foto/Ist
A A A
TEMANGGUNG - Ratusan orang dari berbagai daerah mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia yang digelar di puncak Gunung Sumbing, Senin (17/8/2020). Meski sederhana, namun berlangsung khidmat.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, ratusan pendaki naik ke puncak Gunung Sumbing dari sejumlah pintu pendakian, Minggu (16/8/2020). Mereka sengaja mendaki Gunung Sumbing untuk memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia .

Itu merupakan wujud penghormatan mereka kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk melawan penjajah dan berjuang meraih kemerdekaan.

"Ini salah satu wujud penghormatan saya kepada para pahlawan dan negara. Tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan mungkin saya lainya tidak bisa menikmati kemerdekaan," kata sejumlah peserta upacara di puncak Gunung Sumbing yang diamini seroang peserta Dodik (40), warga Temanggung.

Dia menuturkan, dirinya sudah beberapa kali memperingati kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Sumbing. (Baca juga: Digelar Sederhana, Doa Malam Sambut Kemerdekaan Tetap Khidmat)

"Beberapa tahun belakangan, saya memperingati HUT Republik Indonesia di puncak Gunung Sumbing. Ada kesan tersendiri saat mengikuti upacara di puncak Gunung Sumbing," ujarnya. (Baca juga: Manfaatkan Lahan Kosong, Jadikan Agrowisata Labu Madu)

Menurut dia, antusias masyarakat untuk merayakan HUT kemerdekaan di puncak Gunung Sumbing sangat tinggi. Itu terlihat dari banyaknya jumlah peserta upacara dan persiapan yang mereka bawa.

"Semoga ke depan Indonesia semakin maju dan bisa melewati pandemi COVID-19. Semoga masyarakat Indonesia bisa segera bangkit dari keterpurukan akibat COVID-19," ucapnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)