14.000 Pemudik Padati Bandara Sepinggan Balikpapan, Pj Gubernur Kaltim Imbau Jaga Keselamatan

Minggu, 07 April 2024 - 21:16 WIB
loading...
14.000 Pemudik Padati Bandara Sepinggan Balikpapan, Pj Gubernur Kaltim Imbau Jaga Keselamatan
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama Forkopimda meninjau arus mudik Idulfitri 1445 H di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Minggu (7/4/2024). Foto/Ist
A A A
BALIKPAPAN - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau aktivitas puncak arus mudik Idulfitri 1445 H di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) di Balikpapan, Minggu (7/4/2024).

“Hari ini kami bersama jajaran Forkopimda, DPRD, Otorita Bandara Angkasa Pura, OPD, TNI, Polri, lengkap semua tadi lakukan peninjauan. Semua mendukung terkait kelancaran pelaksanaan arus mudik,” ungkap Akmal.

Saat peninjauan, Pj Gubernur Kaltim melihat posko yang menjadi tempat pusat komando layanan arus mudik. Termasuk melihat posko kesehatan dan pelayanan yang sudah dilengkapi fasilitas sangat baik dan memadai.



Akmal mengakui, Bandara Sepinggan sudah membuat banyak inovasi, seperti membuat mini theater bagi mereka yang menunggu pesawat bisa sambil nonton.

"Selain itu, fasilitas musola sudah bagus dan sangat representatif. Mudah-mudahan fasilitas yang diberikan oleh Angkasa Pura bisa membuat para pemudik nyaman," harapnya.

Akmal berpesan kepada para pemudik untuk menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan. Pemudik yang membawa anak dalam kondisi sedang sakit agar bisa diperiksakan di fasilitas kesehatan di bandara ini.

Data Angkasa Pura pergerakan pemudik rata-rata 159 penerbangan, termasuk private, carteran, dan cargo. "Untuk sekarang ada 175 penerbangan. Jadi naik antara 17 sampai 20%," ujar Akmal.



Jumlah pemudik dari Bandara Sepinggan, kata Akmal, diperkirakan mencapai total 14.000 orang per hari. “Peak season pernah 21.000 penumpang Itu yang berangkat saja, yang datangnya kurang. Mungkin selesai lebaran biasanya akan naik lagi," terangnya.

Bagi pemudik jalur darat, Akmal juga berpesan agar berhati-hati di jalan dan selalu menjaga kesehatan. Sebab tujuan mudik sejatinya adalah membangun kebahagiaan bertemu dengan keluarga di kampung masing-masing.

Turut mendampingi Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ujang Rachmad, Kepala Pelaksana BPBD Agus Tiannur, Kepala Dinas Perhubungan Yudha Pranoto, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo serta jajaran Forkopimda, Otoritas Bandara Angkasa Pura dan TNI Polri.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9198 seconds (0.1#10.140)