alexametrics

Lintasi Alas Roban, Offroader Temukan Bunga Bangkai Raksasa

loading...
Lintasi Alas Roban, Offroader Temukan Bunga Bangkai Raksasa
Offroader melintasi jalur maut Alas Roban Kabupaten Batang, Jawa Tengah. FOTO/IST
A+ A-
BATANG - Sebanyak 170 offroader Jeep Central Java Adventure Offroad berhasil menaklukkan jalur maut Alas Roban dan finis di hutan jati Adinuso, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (18/11/2018).

Ada yang menarik di etape III trek Alas Roban-Pantai Celong yang banyak menemukan bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum becc) yang tumbuh di Hutan Jati. "Trek offroad masuk Batang mengasikkan, terutama masuk Plelen hutan jati, hutan karet yang sangat ekstrem, kita juga menemukan banyak bunga bangkai yang baunya sangat menyengat," Kata Toto, offroader asal Pati, Jawa Tengah.

Tak hanya itu, para offroader juga menemukan pohon jati sangat besar yang batangnya tidak cukup lingkari dengan tangan tiga orang. Pemandangannya juga elok karena hutannya benar-benar terlindungi. Pantai Celong yang berada di sisi hutan juga terasa eksotis.

Bupati Batang Wihaji yang menutup kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada para offroader karena memilih daerahnya sebagai jalur trek dan finis. Dia berharap kegiatan itu berdampak positif bagi wisata di Batang.

"Akan kita gelar kembali di Batang dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Batang pada 8 April 2019 mendatang. Untuk event ke depan kita bagi tiga trek yaitu ekstrem, fun dan family," kata Wihaji.

Bupati berharap kepada penyelenggara agar kegiatan Jeep Central Java Adventure Offroad bisa diagendakan setiap tahun untuk mendukung program visit to Batang 2022 sebagai surganya Asia. Batang mengklaim memiliki segala jenis wisata, dari wisata surga hingga wisata neraka. "Destinasi Batang sangat luar biasa untuk dieksplor, kita serba ada atau palugada, apa yang lu mau gua ada," kelakar Wihaji.

Ketua IOF Jeep Central Java Adventure ke-VI, Suprianto mengatakan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari Jumat-Minggu (16-18/11/2018) yang titik start-nya dari Semarang dan finis di Pantai Celong, Kuripan, Kecamatan Subah, Batang.

"Destinasi wisata Batang sangat menarik untuk dilintasi oleh para offroader, geografis wilayah Batang cocok dan menantang, apalagi Alas Roban terkenal jalur maut pantai utara Jawa Tengah yang kerap menelan korban jiwa," kata Suprianto.

Menurutnya, adventure kali ini terbagi menjadi tiga etape. Etape Pertama di Semarang, Kedua Wadas, Weleri, Kendal dan Etape ketiga di Pantai Celong, Batang dengan menyusur Alas Roban dengan panjang trek 132 kilometer.

"Event nasional ini pesertanya dari Lampung, Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jakarta. Bahkan Kapolda Kalimantan juga ikut. Kegiatan ini diikuti 170 jeep," kata Suprianto.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak