alexametrics

Perindo Mulai Hijaukan Lahan Gundul dengan Pepaya California

loading...
Perindo Mulai Hijaukan Lahan Gundul dengan Pepaya California
Ketua DPD Rescue Perindo Gunungkidul Susilo Sugiyarto memberikan bantuan bibit pepaya dengan konsep pendampingan kepada petani di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari Gunungkidul.SINDOnews/Suharjono
A+ A-
GUNUNGKIDUL - Perindo Gunungkidul terus berusaha memberikan manfaat bagi masyarakat dengan berbagai program pemberdayaan. Salah satunya dengan program menghijaukan lahan gundul menjadi areal perkebunan Pepaya California.

Di desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Rescue Perindo langsung memberikan bantuan bibit pepaya yang memiliki nilai ekonomi tinggi tersebut. Diharapkan, lahan yang seringkali dianggurkan warga dan cenderung menjadi lahan gundul bisa memberikan nilai tambah.

"Hasil pepaya california sangat bagus. Ini akan memberikan dampak untuk ekonomi warga," ucap Ketua DPD Rescue Perindo Gunungkidul Susilo Sugiyarto, di sela sela Pelatihan pemberdayaan di dusun Ploso doyong, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Minggu (18/11/2018).

Dijelaskannya, antusias warga sangat besar dengan pola-pola pemberdayaan yang dilakukan. Hal ini berbeda jauh dengan parpol parpol lain sehingga mulai merasakan manfaat dengan konsep pemberdayaan yang dilakukan partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini. "Untuk tanaman pepaya kita berikan unyuk pepaya super yang hasilnya lebih banyak," tandas Caleg Perindo daerah pemilihan dua Gunungkidul ini.

Tidak hanya itu, pihaknya juga memberikan pelatihan pembuatan minyak kelapa asli. Pasalnya selama ini hasil kelapa hanya dijual buah ssja ddngan harga yang murah. "Kita akan rubah kelapa harus diolah menjadi minyak kelapa. Sekarang banyak dicari ddngan harga Rp 22 ribu setiap liternya. Kita siap bantu pemasaran," beber Susilo.

Sementara tokoh warga Desa Ngalang Harjito mengaku berterima kasih dengan pendampingan yang dilakukan Perindo. Selama ini parpol hanya mendekati warga dan meminta dicoblos melalui caleg calegnya. Namun yang Perindo berbeda dengan pola pemberdayaan yang dilakukan. '

"Kita sebagai warga diajak berdaya dan didampingi. Jelas pola ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kami mengucapkan terima kasih dengan Perindo," ucapnya.

Ketua DPD Perindo Gunungkidul Agung Nugroho mengatakan, pola pemberdayaan dsn pendampingan akan terus dilakukan Perindo. Upaya pemberian dan pendampingan pembibitan pepaya juga akan trrus dikembangkan sehingga Gunungkidul bisa menjadi sentra pepaya california.

"Ini sangat menarik dan kami siap kembangkan. Kelompok masyarakat yang menginginkan bisa menyampaikan proposal dan kami siap turun untuk melakukan pendampingan," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak