Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

Minggu, 07 April 2024 - 17:17 WIB
loading...
Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?
India melakukan aksi spionase dan pembunuhan di Pakistan. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Sejak Juni 2021, Pakistan telah melacak dan menuduh badan intelijen India melakukan berbagai upaya – beberapa berhasil – dalam membunuh individu yang dianggap New Delhi sebagai teroris yang dilindungi oleh Islamabad.

Pada hari Kamis, surat kabar Inggris The Guardian mendukung klaim tersebut, tiga bulan setelah pemerintah Pakistan secara resmi melontarkan tuduhan serupa terhadap India.

Namun di tengah dunia mata-mata dan pembunuh bayaran yang suram, di mana hanya sedikit yang dapat dikonfirmasi secara independen, New Delhi telah lama menyangkal perannya dalam pembunuhan ekstrateritorial – bahkan ketika tuduhan terhadap mereka semakin meningkat, termasuk dari Amerika Serikat dan Kanada, yang merupakan sahabat India.

Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

1. Menyewa Pembunuh Bayaran

Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

Foto/AP

Pejabat keamanan Pakistan yang berbicara kepada Al Jazeera tanpa menyebut nama mengakui setidaknya enam pembunuhan pada tahun 2023, dan dua pembunuhan pada tahun sebelumnya, yang mereka yakini dilakukan oleh “badan intelijen yang bermusuhan” – kode untuk badan mata-mata eksternal India.

Pada bulan Januari tahun ini, diplomat tertinggi Pakistan dalam konferensi pers juga mengklaim bahwa terdapat “bukti yang dapat dipercaya” mengenai keterlibatan India dalam pembunuhan di negara tersebut.

“Ini adalah kasus pembunuhan untuk disewa yang melibatkan pengaturan internasional canggih yang tersebar di berbagai yurisdiksi,” ungkap Menteri Luar Negeri Muhammad Syrus Sajjad Qazi mengatakan kepada wartawan pada tanggal 25 Januari di Islamabad.

Qazi secara khusus menyebutkan pembunuhan Muhammad Riaz, yang dibunuh di Kashmir yang dikelola Pakistan pada September 2023, dan Shahid Latif, yang dibunuh sebulan kemudian di kota Sialkot di provinsi timur Punjab. Diplomat tersebut menuduh bahwa kedua pembunuhan tersebut direncanakan oleh agen India.

Setelah pembunuhan dua pria, kantor berita India mengklaim bahwa Riaz adalah komandan tertinggi Lashkar-e-Taiba (LeT), sebuah kelompok bersenjata yang berbasis di Pakistan yang telah lama dituduh oleh New Delhi atas beberapa serangan paling mematikan di wilayahnya – termasuk di Mumbai pada tahun 2008, ketika orang-orang bersenjata membunuh 166 orang dalam tiga hari.

Latif, menurut saluran India, dikaitkan dengan kelompok bersenjata lain yang berbasis di Pakistan, Jaish-e-Muhammad (JeM), dan diduga merupakan tokoh kunci yang terlibat dalam serangan terhadap pangkalan udara India di Pathankot pada Januari 2016, di mana seorang warga sipil dan tujuh personel keamanan India tewas.

Pakistan tidak mengkonfirmasi dugaan kaitan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)