Manusia Tertua di Dunia Ini Panjang Umur karena Makan Ikan dan Keripik Setiap Hari Jumat

Sabtu, 06 April 2024 - 21:40 WIB
loading...
Manusia Tertua di Dunia Ini Panjang Umur karena Makan Ikan dan Keripik Setiap Hari Jumat
John Alfred Tinniswood menjadi manusia tertua di dunia. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Pada usia 111 tahun 224 hari, John Alfred Tinniswood dari Inggris resmi menyandang gelar manusia tertua yang masih hidup di dunia.

Guinness World Records mengumumkan hal tersebut, dua hari setelah mengumumkan kematian mantan pemegang gelar Juan Vicente PĂ©rez pada usia 114 tahun, sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke-115.

“Anda bisa berumur panjang atau pendek, dan Anda tidak bisa berbuat banyak mengenai hal ini,” kata Tinniswood dalam sebuah wawancara dengan Guinness di mana ia diberikan sertifikatnya.



Sementara Tinniswood, yang tidak merokok, jarang minum dan makan ikan dan keripik setiap hari Jumat, mengatakan rahasia umur panjang adalah “hanya keberuntungan,” ia menyarankan agar tidak berlebihan dalam hidup: “Jika Anda minum terlalu banyak atau makan terlalu banyak atau berjalan-jalan terlalu banyak; jika kamu melakukan terlalu banyak hal, pada akhirnya kamu akan menderita.”

Lahir di kota Liverpool di barat laut Inggris pada tanggal 26 Agustus 1912, Tinniswood telah melewati dua perang dunia – serta pandemi Influenza Besar dan Covid-19 – dan juga memegang rekor sebagai veteran Perang Dunia II pria tertua yang masih hidup, menurut ke Guinness. Ia lahir pada tahun yang sama ketika Titanic tenggelam.

Dia adalah penggemar seumur hidup klub sepak bola Liverpool, dan telah menjalani sembilan belas kemenangan gelar liga klubnya dan delapan kemenangan piala FA klubnya.


Kakek buyut saat ini tinggal di panti jompo di kota tepi pantai Southport, Inggris.

Manajer panti jompo Katie Howard mengatakan kepada BBC bahwa merupakan suatu kehormatan bisa merawat Tinniswood, “individu luar biasa dengan begitu banyak cerita untuk diceritakan,” yang “menikmati membaca koran dan mendengarkan radio.”

Wanita tertua yang masih hidup di dunia adalah Maria Branyas Morera yang berusia 117 tahun dan tinggal di Spanyol.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)