LPB MUI Minta Warga Utamakan Keselamatan saat Mudik Lebaran

Sabtu, 06 April 2024 - 19:24 WIB
loading...
LPB MUI Minta Warga Utamakan Keselamatan saat Mudik Lebaran
LPB MUI meminta masyarakat yang melakukan mudik Lebaran waspada terhadap potensi cuaca buruk. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI) meminta masyarakat yang melakukan mudik Lebaran waspada terhadap potensi cuaca buruk.

Terutama dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.



"Kami minta warga yang sedang mudik dan yang balik dari kampung, agar waspada dengan potensi cuaca buruk. Perhatikan dan ikuti arahan petugas di lapangan," kata Ketua LPB MUI Pusat Prof Jafar Hafsah dalam keterangannya, Sabtu (5/4/2024).



Dia menyebut, dalam masa mudik dan arus balik ini, bertepatan dengan musim panca roba yang melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Sehingga, kewaspadaan menjadi kata kunci utama agar pemudik tetap sehat sampai kerumahnya masing-masing.

Guru besar Universitas Negeri Makassar itu juga meminta warga yang melakukan perjalan balik dari mudik, wajib melakukan beberapa hal sebelum melakukan perjalanan.



Di antaranya, berdoa, cek kesehatan penumpang terutama supir, cek kondisi kendaraan secara menyeluruh dan jangan membawa muatan melebihi kapasitas kendaraan.

Selanjutnya menaati peraturan berlalu lintas, jangan buang sampah sembarangan selama dalam perjalanan, mengemudi secara sopan dan tidak terpancing emosi, istirahat setelah mengemudi selama 4 jam, tidak ngebut saat berada di jalan tol.

"Yang paling utama tetap lakukan kewajiban sebagai muslim menjalankan ibadah salat wajib," ujar Jafar Hafsah.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)