Brigjen TNI Antoninho Rangel Sa Silva, Jenderal asal Timor Leste yang Kini Jabat Danrem 151/Binaiya

Sabtu, 06 April 2024 - 12:27 WIB
loading...
Brigjen TNI Antoninho Rangel Sa Silva, Jenderal asal Timor Leste yang Kini Jabat Danrem 151/Binaiya
Brigjen TNI Antoninho Rangel Sa Silva bersama KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi , rotasi, dan promosi jabatan 215 perwira tinggi (Pati). Salah satunya, Brigjen TNI Antoninho Rangel Sa Silva.

Brigjen TNI Antoninho yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Asisten Intelijen KSAD Bidang Manajemen Intelijen dimutasi menjadi Danrem 151/Binaiya, Ambon Kodam XVI Pattimura. Dia menggantikan Brigjen TNI Aminton Manurung yang dipromosikan menjadi Kepala Staf Kodam (Kasdam) II Sriwijaya.

Penunjukan Brigjen TNI Antoninho sebagai Danrem 151 ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/382/IV/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan pada 1 April 2024.



"Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 215 perwira tinggi TNI,” ujar Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar dikutip Sabtu (6/4/2024).

Ditetapkannya Brigjen TNI Antoninho menjadi Danrem merupakan pengajuan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak saat sidang wanjakti.

Untuk diketahui, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva lahir di Viqueque, Timor Timur pada 17 Agustus 1968. Semasa karier militernya, Brigjen TNI Antoninho pernah menduduki sejumlah jabatan penting di TNI AD dan Mabes TNI.

Mulai dari Batalyon Infanteri (Yonif) 408/Suhbrastha dan Yonif 410/Alugoro. Selain itu, dia juga pernah menjadi Perwira Pembantu Madya Pam Sinteldam VI/Mulawarman, Kasi Intel Korem 101/Antasari, dan Asops Satintel Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI.



Kemudian, Staf Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang Ekonomi, dosen Sesko TNI, Paban IV/Log Ditum Sesko TNI, hingga Pamen Denma Mabesad. Pati Bintang 1 ini juga tercatat sebagai perwira yang ikut mendesain Pembentukan Satuan Raider, sebuah pasukan elite yang dimiliki TNI.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5951 seconds (0.1#10.140)