Ratusan Ton Ikan di Waduk Darma Kuningan Mati Mendadak

Selasa, 13 November 2018 - 15:00 WIB
Ratusan Ton Ikan di Waduk Darma Kuningan Mati Mendadak
Ratusan Ton Ikan di Waduk Darma Kuningan Mati Mendadak
A A A
KUNINGAN - Ribuan ekor ikan milik petani jala apung Waduk Darma di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (13/11/ 2018) pagi, mati mendadak.

Penyebabnya diduga akibat perubahan musim kemarau menjadi musim penghujan, sehingga ikan kekurangan oksigen. Kerugian yang ditanggung petani diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah

Sejumlah petani ikan di Desa Jagara terlihat sibuk mengambil ikan yang sudah mati di dalam jaring apungnya masing masing. Jenis ikan yang mati adalah mas dan nila. Sampai saat ini berat ikan yang mati mendadak diperkirakan mencapai ratusan ton.

Selain karena pergantian musim yang menyebabkan perubahan cuaca ekstrem, kematian ribuan ekor ikan juga karena arus balik di dasar waduk yang menyebabkan sisa pakan terendap di dasar sungai terdorong ke jaring apung.

“Usia ikan yang mati siap dipanen. Untuk kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah,” kata Adin, petani ikan jala apung Waduk Darma, Selasa (13/11/2018).

Ikan-ikan yang mati kemudian dikubur oleh petani karna sudah tidak bisa dijual. Apabila dibiarkan atau dibuang begitu saja dikhawatirkan menimbulkan bau tidak sedap untuk lingkungan.

Atas musibah itu, para petani ikan memberikan bantuan kepada mereka sehingga kerugian yang dialami tidak bertambah besar lagi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1372 seconds (0.1#10.140)