Lewat Disertasi, Kombes Yade Setiawan Ungkap Keberhasilan Polri Tangani Covid-19

Kamis, 04 April 2024 - 14:05 WIB
loading...
Lewat Disertasi, Kombes Yade Setiawan Ungkap Keberhasilan Polri Tangani Covid-19
Kombes Pol Yade Setiawan Ujung yang merupakan Mahasiswa S3 Doktoral Administrasi Publik, berhasil meraih gelar Doktor di Universitas Padjadjaran Bandung. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kombes Pol Yade Setiawan Ujung yang merupakan Mahasiswa S3 Doktoral Administrasi Publik, berhasil meraih gelar Doktor di Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, dengan predikat nilai Cumlaude. Sidang promosi gelar Doktor ini diadakan di ruang sidang Program Pasca Sarjana FISIP Universitas Padjadjaran, Kamis (4/3/2024).

Kombes Yade Setiawan Ujung menjelaskan, terkait adanya temuan baru dalam evaluasi penanganan Covid-19 di wilayah Kota Bandung Jawa Barat.

Dalam Disertasinya yang berjudul Evaluasi Kebijakan Operasi Aman Nusa II Dalam Penanganan Covid-19 oleh Polrestabes Bandung, Kombes Yade Setiawan mengupas secara komprehensif mulai dari hulu ke hilir dalam penanganan Covid-19 di Kota Bandung dalam Operasi Aman Nusa II.

Kombes Pol Yade Setiawan mengatakan, vaksinasi sebagai Game Changer Keberhasilan Operasi Aman Nusa II Polri Dalam Menangani Covid 19. Salah satu temuan menarik yang ditemukan Kombes Pol Yade Setiawan Ujung dalam disertasinya adalah adanya perubahan kebijakan penambahan vaksinasi yang menjadi game changer policy.

"Pada tahap awal operasi aman Nusa II di tahun 2020 berubah setelah program vaksinasi digulirkan karena Polri aktif melakukan vaksinasi door to door dan dititik keramaian," kata Yade Setiawan.

Penelitian Kombes Pol Yade Setiawan Ujung berhasil menemukan bahwa partisipasi masyarakat menjadi tinggi dalam program vaksinasi ini khususnya di periode tahun 2021 sehingga mampu melandaikan dalam kurva Covid-19.

"Program vaksinasi menjadi salah satu kunci keberhasilan Operasi Aman Nusa II dalam melakukan penanggulangan Covid-19 yang turut dilaksanakan oleh Polri," jelasnya.

Dalam kebijakan tersebut kata Yade, memerlukan keterlibatan masyarakat untuk menerima dan melakukan program vaksinasi merupakan bentuk pengayaan dari proses preventif yang diinstruksikan langsung oleh Pemerintah Pusat untuk melengkapi kebijakan penanggulangan Covid-19 selain protokol kesehatan dan penguatan 3 (Testing, Tracing, dan Treatment).

"Polrestabes Bandung memprioritaskan program vaksinasi dalam operasi Aman Nusa II sebagai bentuk pelaksanaan instruksi langsung dari Pemerintah Pusat," tuturnya.

Dijelaskan Yade, temuan ini berimplikasi pada elemen dalam model kebijakan publik yang selama ini disepakati para Scholar Administrasi Publik seperti Dye (2013), Thedoulou (1995), Dunn (2003), dan Patton (1993).

"Elemen tersebut adalah perumusan kebijakan, formulasi kebijakan, implementasi kebijakan dan evakuasi kebijakan," ujar Yade.

"Dengan adanya temuan ini, maka ternyata ada elemen lain dalam kebijakan publik agar objektif dalam perumusan kebijakan dapat dicapai yaitu elemen proaktif," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)