alexametrics

Wakil dari Tangerang dan Kediri Jadi Pemuda Inspiratif 2018

loading...
Wakil dari Tangerang dan Kediri Jadi Pemuda Inspiratif 2018
Grand Final kompetisi Pemuda Inspiratif 2018 yang digelar di Serang, Banten. Foto/Rasyid Ridho
A+ A-
SERANG - Reza Hazmi asal Tangerang dan Winda Firdayanti asal Kediri keluar sebagai juara dalam Grand Final kompetisi Pemuda Inspiratif 2018 yang digelar di Serang, Banten.Reza yang mewakili Kota Tangerang menang melalui idenya satu kelurahan satu koperasi yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi wilayahnya. Salah satunya ialah dengan menciptakan produk sari brenuk. Kegiatan ini melibatkan karang taruna Karang Tengah Tangerang.
“Sari buah brenuk dapat dijadikan minuman. Sedangkan kulit cangkangnya dapat dijadikan pot tanaman. Inilah yang membuat saya membuat produk ini sekaligus untuk memaksimalkan potensi koperasi,” ujarnya.

Sedangkan, pemenang putri Pemuda Inspiratif diraih oleh pemudi asal Kediri Winda Firdayanti dengan bidang lingkungan yaitu I-Was (Integrated Waste Aquaculture System) yang dapat memberikan dampak positif terhadap berkurangnya sampah organik di lingkungan sekitarnya untuk menjadi pakan ikan.

“Setiap hari ada 234 Kg sampah organik di sekitar saya yang kurang dimanfaatkan dengan maksimal. Maka itu, saya pun mencetuskan ide I-Was," ujarnya.



Sedangkan, juara kedua berhasil dimenangkan oleh Arman Maulana yang mewakili Purwakarta dengan ide Dari Limbah Jadi Rupiah dan Indrayati Sri Maulina wakil Banda Aceh yang memiliki ide E-Doll.

Gelar juara ketiga kompetisi nasional Pemuda Inspirtif berhasil diraih oleh Robby Wahyu Riyadi dari Padang dengan ide Tanah Ombak dan Sandika Dewi Rosalini yang merupakan wakil dari Tangerang dengan ide Speak Disability Academy powered by Speak Project.

Asisten Deputi Standarisasi dan Infrastruktur Pemuda Kemenpora, Zainal Aminin mengapresiasi pemilihan Pemuda Inspiratif. Sebab, para pemuda haruslah memberikan dampak positif bagi masyarakat luas di berbagai bidang seperti lingkungan, pendidikan, tekhnologi, pertanian, dan yang lainnya.

"Dengan adanya Pemuda Inspiratif kita berharap dapat menimbulkan efek positif berkelanjutan demi kemajuan bangsa dan negara," kata Zainal saat menutup rangkaian kegiatan di Pendopo Bupati Serang, Minggu (11/11/2018).
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak