alexametrics

15 Menit Diserbu Ribuan Burung, 8 Penerbangan Adisutjipto Ditunda

loading...
15 Menit Diserbu Ribuan Burung, 8 Penerbangan Adisutjipto Ditunda
Suasana apron Bandara Adisutjipto beberapa waktu lalu. Minggu (11/11/2018), ribuan burung menyerbu landasan bandara dan membuat sejumlah penerbangan tertahan beberapa menit. SINDOnews/Ainun Najib
A+ A-
YOGYAKARTA - Ribuan burung “menyerbu” Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (11/11/2018) sekitar pukul 06.00 WIB. Akibat serbuan ribuan burung ini ada sekitar 8 penerbangan yang sempat terganggu.

“Banyaknya burung di landasan adalah benar, namun tidak berlangsung lama karena langsung dilakukan pengusiran oleh unit QM,” kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama.

Pandu mengaku lalu lintas penerbangan tetap berjalan normal dan tidak mengalami gangguan berarti. Namun memang ada sejumlah penerbangan yang atau ditunda beberapa saat. “Ada 8 penerbangan yang terganggu untuk hold di apron dan 3 penerbangan hold di udara. Penundaan penerbangan terjadi dalam 15 menit,” tegasnya.



Untuk menjamin kejadian serupa tidak terulang lagi pihak otoritas bandaara terus melakukan inspeksi rutin terhadap runway tiga kali sehari. Selain itu otoritas bandara juga bekerja sama dengan TNI AU untuk melakan tindakan pengusiran burung dengan bunyi penembakan peluru hampa dan sirine. “Termasuk melakukan penyemprotan anti hama di area potensi burung,” terangnya.

Dalam video yang beredar di masyarakat, petugas menggunakan mobil ambulans dan mobil patroli untuk mengusir kawanan burung tersebut. Suara sirine mobil ambulan dan mobil patroli membuat ribuan burung tersebut terbang meyingkir. Video yang diunggah di medsos tersebut sempat viral.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak