alexametrics

Jalur Trenggalek-Ponorogo Ditutup Total Akibat Longsor

loading...
Jalur Trenggalek-Ponorogo Ditutup Total Akibat Longsor
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
TRENGGALEK - Longsor di Km 16 Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo, Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, menimpa truk bermuatan telur. Imbasnya, jalur Trenggalek-Ponorogo malam ini ditutup total.

Dalam kecelakan ini, Didik (30), sopir truk asal Desa Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, terluka serius. Begitu juga dengan kernetnya, Satria (27, warga Desa Bendel Putih, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

Kapolsek Tugu Iptu Bambang Purwanto mengatakan, akibat longsor yang terjadi pada Kamis (8/11/2018) malam itu, mulai Jumat malam ini jalur Trenggalek-Ponorogo ditutup total. Namun penutupan total hanya berlaku pada malam hari. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, mengingat hujan kerap turun pada malam hari.

Pada pagi hari, kata Bambang, jalur akan dibuka kembali. "Kalau situasinya aman, pagi hari mulai pukul 5 jalur dibuka kembali, " ujarnya.

Sementara itu, sopir dan kernet truk pengangkut telur saat ini dirawat di RSUD dr Soedomo, Kabupaten Trenggalek. Untuk sopir truk, rencananya akan dirujuk ke RSU Syaiful Anwar Malang.

Adapun proses evakuasi truk masih akan dilanjutkan Sabtu (10/11/2018). Paska guyuran hujan, longsor kecil masih terjadi. Runtuhan batu batu kecil masih terjadi.

"Kondisi medan tidak memungkinkan untuk proses evakuasi," ujar Kasatreskrim Polres Trenggalek AKP Sumi Handana.

Dengan penutupan total pada malam hari, jalur menuju Kabupaten Ponorogo dialihkan melalui jalur alternatif pedesaan. Kendaraan bertonase berat sama sekali tidak bisa melintas.

Seperti diketahui, di lokasi longsor KM 16 tengah dibangun tembok penahan tebing. Pembangunan tembok dengan panjang 60 meter dan tinggi 7 meter itu ditargetkan selesai akhir bulan ini.

Dengan adanya tembok penangkis tebing,longsor yang terjadi diharapkan tidak sampai menutup badan jalan.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak