4 Fitur Unik Mobil Listrik China, Ada Tempat Tidur hingga Drone

Rabu, 03 April 2024 - 09:00 WIB
loading...
4 Fitur Unik Mobil Listrik China, Ada Tempat Tidur hingga Drone
Mobil listrik China memiliki beragam fitur unik. (Foto: First Post)
A A A
JAKARTA - Beragam upaya ditempuh oleh para produsen mobil listrik China untuk menarik minat konsumen. Tak hanya performa kendaraan dan keandalan baterai serta desain menarik, tapi juga fitur-fitur unik dan menarik lainnya.

Fitur-fitur unik ini, di antaranya tempat tidur, dapur, drone, dan peralatan berkemah. Di China, kendaraan listrik dilengkapi kulkas atau fasilitas karaoke dalam mobil sudah biasa. Lantaran itu, para produsen otomotif memutar otak untuk mendongkrak penjualan dengan menawarkan fitur mewah dan unik.

Berikut deretan fitur unik mobil listrik China yang ditawarkan oleh para produsen otomotif dilansir dari First Post, Rabu (3/4/2024) :

1. Tempat tidur dan tenda


SUV G9 Xpeng memiliki fitur tempat tidur yang dapat diakses dengan menekan tombol. Kursinya dapat dilipat rata dan kasur udara ukuran double akan mengembang secara otomatis. Fitur ini sengaja diluncurkan untuk memfasilitasi tren berkemah di China dan untuk beristirahat selama perjalanan panjang.


2. Dapur


Polestar 01 dari Rox Motor Tech memiliki dapur bergaya kemping yang dipasang di bagian belakang. Dapur ini dilengkapi kompor induksi dan dispenser air, cocok untuk para pencinta alam yang ingin memasak di luar ruangan.

3. Drone


BYD's Yangwang U8 EV bekerja sama dengan DJI untuk mengintegrasikan drone yang dapat diluncurkan dan mendarat dari casing yang dapat ditarik di atap. Drone ini dapat mengambil gambar di ketinggian dan memberikan pandangan udara real-time, meningkatkan pengalaman berkendara bagi pengguna yang menyukai teknologi.


4. Pemancingan


Geely dan merek EV Zeekr sedang mengembangkan sistem pemancingan yang dipasang di kendaraan. Sistem ini dilengkapi sensor lokasi yang akan memberikan data tentang sungai atau danau terdekat, termasuk kedalaman dan laju aliran, serta data history penangkapan ikan di tempat tersebut.

Pengembangan fitur-fitur unik mobil listrik China di atas menunjukkan bahwa produsen otomotif tidak hanya fokus pada performa mobil, tetapi juga pada aspek lain seperti hobi pengguna.

Namun, beberapa fitur ini menimbulkan pertanyaan tentang keselamatan dan kepraktisan. Contohnya, fitur tempat tidur dan drone dapat membahayakan pengemudi dan penumpang jika tidak digunakan dengan hati-hati. Kendati demikian, eksperimen dengan fitur-fitur ini menunjukkan komitmen produsen mobil China terhadap inovasi.

Bill Russo, pendiri dan CEO firma penasihat Automobility yang berbasis di Shanghai, mengatakan di era kendaraan listrik, China mendefinisikan ulang arti premium. Dia menekankan bahwa eksperimentasi sangat penting untuk mendorong batasan dan memperkenalkan ide-ide baru ke pasar.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4490 seconds (0.1#10.140)