alexametrics

2018, Pangandaran Terima Bantuan 1.099 Unit Rumah Sehat dan Layak Huni

loading...
2018, Pangandaran Terima Bantuan 1.099 Unit Rumah Sehat dan Layak Huni
Pekerja sedang membangun rumah sehat dan layak huni bantuan bagi warga tidak mampu di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. FOTO/IST
A+ A-
PANGANDARAN - Jumlah bantuan rumah sehat dan layak huni untuk masyarakat di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat selama 2018 mencapai 1.099 unit.

Kepala Seksi Pengembangan Kawasan Perumahan dan Permukiman PUPRTRKP Kabupaten Pangandaran Darda mengatakan dana untuk rumah sehat dan layak huni bersumber dari APBD, APBD Provinsi, dan APBN.

"APBD Kabupaten Pangandaran telah mengalokasikan Rp1 miliar untuk rumah sehat dan layak huni di Kecamatan Langkaplancar dan Kecamatan Kalipucang," kata Darda dalam siaran persnya, Selasa (6/11/2018).



Darda menambahkan, bantuan rumah sehat dan layak huni di Kecamatan Langkaplancar berlokasi di Desa Pangkalan dan Desa Bojongkondang. Masing-masing desa terdapat 30 unit rumah yang mendapat bantuan. Sementara Kecamatan Kalipucang berlokasi di Desa Kalipucang dan Desa Tunggilis.

"Bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi dialokasikan di Kecamatan Padaherang, Kecamatan Parigi, Kecamatan Cigugur dan Kecamatan Cimerak," katanya.

Lokasi penerima tersebar di Desa Sukanagara, Desa Paledah, Desa Karangsari (Kecamatan Padaherang). Lalu Desa Karangbenda (Kecamatan Parigi), Desa Harumandala, Desa Campaka, Desa Bunisari, Desa Cimindi (Kecamatan Cigugur), Desa Masawah (Kecamatan Cimerak). Di masing-masing desa, ada 45 unit rumah yang diberi bantuan sebesar Rp15 juta dari APBD Provinsi.

"Untuk Desa Kertajaya dan Desa Pagerbumi Kecamatan Cigugur terdapat pengecualian jumlah dengan rincian Desa Kertajaya 70 unit dan Desa Pagerbumi 20 unit," kata Darda.

Sedangkan untuk Kecamatan Kalipucang, penerima manfaat ada di Desa Putrapinggan dan Desa Emplak. Jumlah penerima manfaat 45 unit rumah untuk masing-masing desa.

Anggaran bantuan perumahan sehat dan layak huni yang bersumber dari APBN dengan nomenklatur BSPS reguler masing-masing Rp15 juta. BSPS reguler tersebar di tiga desa di Kecamatan Cigugur di antaranya Desa Harumandala 100 unit, Desa Kertajaya 40 unit, Desa Pagerbumi 160 unit.

"Selain BSPS reguler yang bersumber dari APBN, Kabupaten Pangandaran juga mendapat program perumahan baru strategis dalam bentuk bantuan keuangan masing-masing Rp30 juta," katanya. Perumahan baru strategis tersebut dialokasikan di Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi 36 unit dan Desa Karangsari, Kecamatan Padaherang 43 unit.

Darda mengakui adanya kendala data dalam mencapai target kinerja pemberian fasilitas rumah sehat dan layak huni ke masyarakat di Pangandaran. "Hingga kini kami terus berupaya melakukan pendataan ke rumah belum layak huni yang belum tercatat," katanya.
(amm)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak