alexametrics

Tingkatkan Layanan Tur Merapi, Sleman Luncurkan Tri Pakarti Musna

loading...
Tingkatkan Layanan Tur Merapi, Sleman Luncurkan Tri Pakarti Musna
Bupati Sleman mengecek kelaikan Jeep Wisata Lava Tour Merapi usai meluncurkan Program Tri Pakarti Musna di Bumi Perkemahan Wonogondang, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY, Selasa (6/11/2018). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A+ A-
SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman meluncurkan program Tri Pakarti Musna di Bumi Perkemahan Wonogondang, Umbulharjo, Cangkringan, Selasa (6/11/2018). Program yang diinisiasi oleh Inspektorat Sleman tersebut bertujuan mewujudkan akuntabilitas Kawasan Wisata Nasional yang meliputi pencegahan terhadap kecelakaan, pengaduan masyarakat, dan mencegah temuan hasil pemeriksaan.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan selain harus memeberikan layanan terbaik kepada wisatawan, hal lain yang tidak kalah penting bagi pengelola dan pelaku usaha wisata adalah kelayakan fasilitas untuk keamanan dan kenyamanan wisatawan.

"Maka kewajiban kita yang pertama adalah menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Sleman," kata Sri Purnomo dalam sambutannya saat peluncuran Program Tri Pakarti Musna.



Menurutnya, keselamatan dan kenyaman para pengunjung saat berwisata di Sleman harus menjadi prioritas. Utamanya, wisata Jeep Lava Tour Merapi. Pengelola harus memastikan penumpang memakai helm dan memasang seat belt. "Pengemudinya juga harus punya SIM dan mobilnya harus layak. Jadi harapan kami zero accident," ujarnya.

Kepala Inspektorat Sleman, Budiharjo menjelaskan pihaknya telah menyusun langkah-langkah, baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang untuk memberikan pelayanan optimal di sektor kepariwisataan. Di antaranya akan membuat aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk pengaduan keluhan masyarakat terkait kepariwisataan di Sleman.

"Di tahun 2019 nanti kita akan luncurkan aplikasi khusus untuk pengaduan masyarakat. Sebelum aplikasi tersebut bisa diakses, masyarakat dapat mengadukan di aplikasi Lapor Sleman jika ada keluhan," katanya.

Hadir dalam acara tersebut, Wakapolres Sleman Kompol Mariska Fendi Susanto, sejumlah Kepala OPD Sleman, Forkompimka Cangkringan, penyedia jasa Jeep Wisata Lava Tour Merapi dan Indonesia Offroad Federation (IOF) Pangda DIY.

Usai lauching, Bupati Sleman melakukan pemeriksaan kelaikan Jeep Wisata Lava Tour Merapi. Dilanjutkan dengan pengarahan terhadap penyedia jasa jeep lava tour oleh Dinas Pariwisata (Dispar) dan Polres Sleman.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak