Kapolda Sumut Resmikan Galeri Perdamaian Anti Paham Radikalisme

Jum'at, 02 November 2018 - 11:35 WIB
Kapolda Sumut Resmikan Galeri Perdamaian Anti Paham Radikalisme
Kapolda Sumut Resmikan Galeri Perdamaian Anti Paham Radikalisme
A A A
MEDAN - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) mendirikan galeri perdamaian di Jalan Sei Mencirim Dusun IV Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deliserdang.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, galeri ini didirikan untuk mencegah dan menekan paham radikalis dan bahaya teroris di masyarakat. Di dalam galeri ini terdapat gambaran atas aksi dan pasca aksi paham radikal dan teroris yang dapat merusak dan memecah belah NKRI.

“Saya meresmikan ini untuk mengingatkan kembali generasi muda dan masyarakat akan bahaya paham radikal dan teroris. Agar semua masyarakat sadar, Indonesia ini perlu dijaga dengan kedamaian,” kata Agus, Kamis (1/11/2018).

Dia juga meminta kepada mantan pelaku teroris dan paham radikal untuk berkomitmen menjaga NKRI dari perpecahan dan terus mensosialisasikan bahaya paham tersebut kepada masyarakat.

Pimpinan Ponpes Al Hidayah Sei Mencirim dan Pimpinan Galeri Perdamaian, Ustad Khairul Ghazali berterima kasih kepada Kapolri, Kapolda Sumut dan jajaran karena sudah membantu mendirikan galeri perdamaian ini. Awalnya, galeri ini hanya didirikan seadanya, berdinding tepas, beralaskan kayu dan beratapkan rumbia, namun sekarang sudah cantik dan berbasis teknologi digital.

“Saya berharap galeri perdamaian ini dapat membantu dan menyadarkan masyarakat yang sekarang ini sedang berada dikegelapan yaitu menjalankan aktifitas radikal untuk memecah belah NKRI,” ungkapnya.

Ghazali yang juga mantan terorisme atas kasus perampokan Bank CIMB di Medan menyatakan pernah berada di dalam kegelapan untuk berperang melawan negara mengatasnamakan agama Islam, sehingga membuat dirinya di penjara. Ternyata, aksi masa lalunya tersebut sangatlah salah.

Dalam peresmian galeri perdamaian ini, sejumlah pejabat utama Polda Sumut hadir yaitu Waka Polda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Dirkrimum Kombes Pol Andi Rian, Dir Intelkam Kombes Pol Dedy Kusuma Bakti, Kabid Humas Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5501 seconds (0.1#10.140)