Ratusan Nelayan Sisir Perairan Karawang Cari Korban Lion Air

Kamis, 01 November 2018 - 15:59 WIB
Ratusan Nelayan Sisir Perairan Karawang Cari Korban Lion Air
Ratusan Nelayan Sisir Perairan Karawang Cari Korban Lion Air
A A A
KARAWANG - Ratusan nelayan binaan Satuan Polisi Air (Satpol Air) Polres Karawang ikut dikerahkan dalam pencarian korban Lion Air JT-610 di luar zona pencarian tim gabungan evakuasi Basarnas. Nelayan yang tergabung dalam Pokmaswas (kelompok masyarakat pengawas) nelayan yang terdiri dari 12 muara ini menyisir perairan karawang.

"Memang sejak kejadian jatuhnya pesawat kita meminta nelayan yang melaut untuk membantu petugas Tim SAR yang sedang melakukan pencarian korban pesawat Lion Air. Saat mereka melaut untuk mencari ikan mereka juga menjalankan tugas untuk menyisir perairan, barangkali menemukan korban atau serpihan pesawat," kata Kepala Satpol Air AKP Sitorus, Kamis (1/11/2018).

Sitorus mengatakan, meski hingga saat ini nelayan di perairan Karawang belum menemukan sesuatu terkait dengan jatuhnya pesawat Lion Air, namun mereka tetap menjalankan tugas untuk menyisir sejumlah wilayah. Setiap Pokmaswas terdiri dari 10 nelayan untuk satu muara sungai. Jika ada 12 muara sungai maka seluruhnya berjumlah 120 nelayan.

"Jadi kalau ada nelayan yang menemukan sesuatu terkait dengan jatuhnya pesawat mereka akan melapor ke grup dan selanjutnya informasi itu masuk ke kami," katanya.

Sitorus mengatakan keterlibatan Pokmaswas nelayan dalam membantu tugas Tim SAR bukan sudah sering dilakukan. Mereka membantu petugas SAR sambil bekerja mencari ikan. "Sudah sering nelayan membantu dan peran mereka sangat penting dalam operasi pencarian termasuk saat ini mereka menyisir daerah perairan yang belum dijangkau oleh petugas SAR," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1012 seconds (0.1#10.140)