Speedboat Kru Peneliti Kapal Baruna Jaya VIII Terbalik di Raja Ampat

Rabu, 31 Oktober 2018 - 20:29 WIB
Speedboat Kru Peneliti Kapal Baruna Jaya VIII Terbalik di Raja Ampat
Speedboat Kru Peneliti Kapal Baruna Jaya VIII Terbalik di Raja Ampat
A A A
SORONG - Sebanyak tujuh orang kru peneliti dari kapal Riset Baruna Jaya VIII dilaporkan mengalami musibah saat melakukan penelitian di daerah BUD Waigeo Utara, Rabu (31/10/2018). Kepala Badan SAR Sorong, Emmy Freezer menjelaskan, informasi adanya musibah tersebut didapatkan Kantor SAR Sorong setelah mendapat laporan dari kru kapal lainnya.

Lokasi kejadian menurut Emmy terjadi di daerah BUD waigeo Utara dimana para kru tersebut sedang melakukan ekspedisi pemetaan laut dalam di daerah Raja Ampat.

"Info Kapal Riset Baruna Jaya VIII kemarin melaporkan ke Kansar Sorong bahwa kru peneliti mengalami kecelakaan di Perairan BUD Waigeo utara dalam rangka ekspedisi pemetaan laut dalam. Jarak LKK sekitar 110 NM dari sorong, dengan POB tujuh orang," ungkap Emmy, Rabu (31/10/2018) malam.

Emmy menegaskan, kondisi para kru yang berjumlah tujuh orang tersebut dalam kondisi selamat dan berhasil diselmatkan oleh tim SAR.

"Kondisi selamat namun satu orang mengalami patah tulang tungkai bawah dan satu orang mengalami luka di bagian kaki karena benturan dengan karang saat boat penelitian terbalik. Seluruh korban sudah diselamatkan," jelas Emmy.

Saat kejadian, Kapal Riset Baruna Jaya VIII berada sekitar 7 NM dari lokasi kejadian (LKK), namun tidak dapat merapat dikarenakan ombak dan banyaknya batu karang.

"Setelah cuaca cukup tenang, boat penyelamat dapat menjangkau korban yang terdampar di Pulau BUD dan memberikan pertolongan pertama," ujar Emmy.

Saat ini ke tujuh POB sudah onboard di atas Kapal Riset Baruna Jaya VIII LIPI menuju Pelabuhan Sorong untuk selanjutnya di rujuk ke Rumkit AL Sorong.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8453 seconds (0.1#10.140)