alexametrics

Kapolda Banten: Pemuda Harus Menjadi Garda Terdepan Penjaga NKRI

loading...
Kapolda Banten: Pemuda Harus Menjadi Garda Terdepan Penjaga NKRI
Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa usai acara Kirab Merah Putih di Alun-alun Barat Kota Serang, Banten, Selasa (30/10/2018). Foto/Istimewa
A+ A-
SERANG - Pemuda memiliki andil besar dalam upaya kemerdekaan Indonesia. Karena itu, generasi muda wajib mempertahakankan kemerdekaan dengan menjaga persatuan bangsa, keutuhan NKRI, serta menjadi garda terdepan dan benteng terakhir penjaga ideologi Pancasila.

“Bangsa Indonesia lahir dan dibesarkan atas kesepakatan beberapa pihak dalam satu kontesk kebangsaan yaitu Bangsa Indonesia, tumpah darah yaitu Tanah Air Indonesia, dan dalam konteks bahasa yaitu Bahasa Indonesia,” ujar Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa usai acara Kirab Merah Putih dalam rangka Sumpah Pemuda ke-90 yang dihadiri ribuan perserta di Alun-alun Barat Kota Serang, Banten, Selasa (30/10/2018).

Jenderal bintang satu ini menegaskan, jika ada segelintir orang atau kelompok tertentu yang ingin menggantikan ideologi Pancasila atau ingin memecah bela NKRI, harus dilawan. Teddy kemudian menyindir kasus pembakaran bendera HTI yang terjadi di Garut, Jawa Barat yang dipelintir sekelompok golongan seolah-olah yang dibakar adalah bendera tauhid.



“Yang dibakar itu bendera HTI, oleh karena itu kita jangan mau diadu domba,” tegasnya.

Menurut Teddy, para pemuda, ulama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat Banten sudah bersepakat untuk tidak termakan isu provokasi yang ingin memecah belah umat. “Insya Allah, kami masyarakat Banten sepakat akan tetap menjaga persatuan bangsa dan menjaga keutuhan NKRI serta menjaga kondusifitas keamanan di Provinsi Banten,” tutur Teddy.

Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah yang turut hadir daam acara itu mengungkapkan kegiatan Kirab Merah Putih ini merupakan refleksi perjuangan pemuda 90 tahun lalu. Dia mengatakan, kemerdekaan Indonesia diraih atas perjuangan masyarakat khususnya pemuda.

“Peran pemuda dalam merebut kemerdekaan Indoesia harus menjadi sprit pemuda sekarang untuk menjaga NKRI,” ujar Asep.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak