4 Hadis Palsu yang Banyak Beredar Seputar Ramadan

Jum'at, 29 Maret 2024 - 20:04 WIB
loading...
4 Hadis Palsu yang Banyak Beredar Seputar Ramadan
4 Hadis palsu yang banyak beredar seputar Ramadan. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Berikut ini hadis palsu yang banyak beredar seputar Ramadan .

Pertama, hadis yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi dalam kitab beliau Syu’abul Imân dari Husain bin Ali bin Thâlib ra.

مَنِ اعْتَكَفَ عَشْرًا فِي رَمَضَانَ كَانَ كَحَجَّتَيْنِ وَعُمْرَتَيْنِ

Barangsiapa yang beri’tikaf pada sepuluh hari (terakhir) bulan Ramadhân, maka dia seperti telah menunaikan haji dan umrah dua kali“.

Hadis ini Maudhû’. Syaikh al-Albâni dalam kitab beliau Dha’if Jami’ish Shaghiir, no. 5460, mengatakan , "Maudhû". Kemudian beliau menjelaskan penyebab kepalsuan hadis ini dalam kitab beliau Silsilah ad-Dha’ifah, no. 518

Hadis dha’if lain yang hampir senada yaitu :

مَنِ اعْتَكَفَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang beri’tikaf atas dasar keimanan dan mengharapkan pahala, maka dia diampuni dosanya yang telah lewat“.



Hadis dha’if riwayat Dailami dalam Musnad Firdaus. Al-Munâwi dalam kitab beliau Faidhul Qadîr, syarah Ja’mi’ Shaghîr (6/74, no. 8480) mengatakan, “Dalam hadis ini terdapat rawi yang tidak aku ketahui.”

Kedua, hadis tentang berandai-andai Ramadan sepanjang tahun,

لَوْ يَعْلَمُ الْعِبَادُ مَا (فِي ) رَمَضَانَ لَتَمَنَّتْ أُمَّتِي أَنْ يَكُوْنَ السَّنَةُ كٌلَّهَا

Sekiranya manusia mengetahui apa yang ada pada buan Ramadan, niscaya semua umatku berharap agar Ramadhân itu sepanjang tahun“.

Hadis Maudhu’. Ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah rahimahullah, no. 1886 lewat jalur periwayatan Jarîr bin Ayyûb al Bajali, dari asy-Sya’bi dari Nâfi’ bin Burdah, dari Abu Mas’ud al-Ghifari- ia mengatakan, “Suatu hari, aku mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda , “(lalu beliau menyebutkan hadis diatas).

Imam Ibnul Jauzi rahimahullah membawakan hadis di atas dalam kitab beliau rahimahullah al-Maudhû’ât, 2/189 lewat jalur periwayatan Jarîr bin Ayyûb al Bajali dari Sya’bi dari Nâfi’ bin Burdah dan Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu . kemudian beliau rahimahullah mengatakan, “Hadis ini maudhû’ (palsu) dipalsukan atas nama Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Orang yang tertuduh telah memalsukan hadis ini adalah Jarîr bin Ayyûb.

Yahya rahimahullah mengatakan, ‘Orang-orang ini tidak ada apa-apanya (laisa bi syai-in).’



Fadhl bin Dukain rahimahullah mengatakan, ‘Dia termasuk orang yang biasa memalsukan hadis.’

An-Nasa’i dan Daru Quthni rahimahullah mengatakan, ‘Matrûk (orang yang hadisnya tidak dianggap).'”

Imam Syaukani rahimahullah dalam kitab al-Fawâ-idul Majmû’ah Fil Ahâdîtsil Maudhû’ah, no. 254 mengomentari hadis di atas, “Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Ya’la rahimahullah lewat jalur Abdullah bin Mas’ûd Radhiyallahu ‘anhu secara marfuu. Hadis ini maudhû (palsu). Kerusakannya ada pada Jarîr bin Ayyûb dan susunan lafazhnya merupakan susunan yang bisa dinilai oleh akal bahwa itu adalah hadits palsu.’

Ketiga, hadis yang diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Sunan-nya (4/201), Adz Dzaahabi dalam Mizanul I’tidal (4/247), Ibnu ‘Adi dalam Al Kamil Fid Dhu’afa (8/313), Ibnu Katsir di Tafsir-nya (1/310).

لا تقولوا رمضان فإن رمضان اسم من أسماء الله تعالى ولكن قولوا شهر رمضان

Jangan menyebut dengan ‘Ramadhan’ karena ia adalah salah satu nama Allah, namun sebutlah dengan ‘Bulan Ramadhan.'”

Ibnul Jauzi dalam Al Maudhuat (2/545) mengatakan hadis ini palsu. Namun, As Suyuthi dalam An Nukat ‘alal Maudhuat (41) bahwa “Hadis ini dhaif, bukan palsu”. Hadis ini juga didhaifkan oleh Ibnu ‘Adi dalam Al Kamil Fid Dhu’afa (8/313), An Nawawi dalam Al Adzkar (475), oleh Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Baari (4/135) dan Al Albani dalam Silsilah Adh Dhaifah (6768).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3991 seconds (0.1#10.140)