Putin Mulai Gencarkan Industri Game Rusia

Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:05 WIB
loading...
Putin Mulai Gencarkan Industri Game Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin kian tertarik dengan industri game. (Foto: Russian Today)
A A A
JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin kian tertarik dengan industri game. Dia memerintahkan pengaturan konsol game dalam negeri untuk mengatrol pengembangan sosio-ekonomi negaranya.

“Presiden telah memberikan tenggat waktu kepada pemerintah hingga Juni untuk mempertimbangkan pengembangan sistem game yang diproduksi secara dalam negeri. Presiden Vladimir Putin telah memerintahkan pemerintah untuk menimbang persyaratan untuk mengatur produksi konsol game yang dapat dipasang dan portabel di Rusia,” kata juru bicara kepresidenan Rusia yang dipublikasikan di situs web resmi Kremlin, dilansir dari Russian Today, Jumat (28/3/2024).

Perintah Putin ini dikeluarkan menyusul pertemuan tentang pengembangan sosial-ekonomi di Kaliningrad beberapa waktu lalu. Selain konsol game, Presiden juga meminta Kabinet Menteri untuk mempertimbangkan pengembangan sistem operasi khusus dan sistem cloud untuk menyediakan game dan program kepada pengguna.

Tenggat waktu untuk mengeksekusi perintah tersebut telah ditetapkan pada 15 Juni 2024. Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin telah ditunjuk sebagai penanggung jawab pengawasan penyelesaian tugas tersebut.



Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menjelaskan bahwa perintah tadi untuk mempertimbangkan pembuatan konsol yang diproduksi di dalam negeri sekaligus mengembangkan industri game asli Rusia.

Organisasi untuk Pengembangan Industri Permainan Video (RVI) menyajikan peta jalan lima tahun kepada pemerintah pada Februari 2024 yang merinci program 83 poin untuk mengembangkan video game di Rusia.

Tahun ini, RVI berencana untuk memulihkan hubungan dengan berbagai dana dan organisasi dalam game internasional yang memiliki hubungan dengan Rusia dan mendirikan cara untuk secara konsisten mendukung pengembangan video game di dalam negeri. Organisasi tersebut juga mengatakan pembuatan konsol game yang lengkap direncanakan pada 2026-2027.



Sementara itu, awal bulan ini, Rusia menyelesaikan turnamen pertamanya, Games of the Future, yang berlangsung di kota Kazan antara 21 Februari dan 3 Maret. Format 'phygital' (fisik + digital) dari kompetisi tersebut menggabungkan olahraga tradisional dan siber dalam campuran unik dalam 21 disiplin gabungan. Mereka termasuk sepak bola, hoki, dan bola basket phygital, serta olahraga siber tradisional dan kontes high-tech seperti balap drone, pemrograman kompetitif, dan pertempuran robot.

“Turnamen melibatkan lebih dari 270 tim dari 107 negara dan ditonton oleh "penonton global," kata Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Chernyshenko.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)