8 Peninggalan Kerajaan Mataram Islam, dari Masjid Agung Kauman hingga Benteng Vastenburg

Kamis, 28 Maret 2024 - 08:29 WIB
loading...
8 Peninggalan Kerajaan Mataram Islam, dari Masjid Agung Kauman hingga Benteng Vastenburg
Kerajaan Mataram Islam meninggalkan sejumlah bangunan bersejarah kejayaan masa lalu, mulai dari Keraton Yogyakarta, Masjid Agung Kauman hingga Benteng Vastenburg. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Kerajaan Mataram Islam meninggalkan sejumlah bangunan bersejarah, mulai dari masjid, keraton, hingga benteng. Adanya berbagai peninggalan kerajaan ini mengungkap kejayaan Kesultanan Islam ini di masa lalu.

Kerajaan Mataram Islam merupakan kerajaan yang didirikan oleh Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya pada akhir abad ke 16.



Pusat pemerintahan Mataram Islam terletak di sekitar Yogyakarta dan sempat mengalami perpindahan ke Surakarta.

Karena itulah sejumlah peninggalan Kerajaan Mataram Islam ini juga tersebar di wilayah Yogyakarta dan Surakarta.

8 Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

1. Masjid Agung Kauman

Masjid ini adalah peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I yang dibangun pada tahun 1773. Lokasinya berada di Kampung Kauman, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.


2. Masjid Kotagede


Masjid yang terletak di selatan Pasar Kotagede, Yogyakarta, ini diyakini bahwa Masjid Kotagede dibangun pada masa pemerintahan Kyai Ageng Mataram.

3. Masjid Pathok Negoro Plosokuning


Pendiri dari masjid ini adalah Kyai Mursodo yang merupakan keponakan dari Sultan Hamengku Buwono (HB) I. Masjid ini terletak di Desa Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY.

4. Keraton Kesultanan Yogyakarta


Tempat tinggal Raja Jogja, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X yang sekaligus menjabat sebagai Gubernur DIY, ini diketahui telah dibangun tahun 1755 dan di depannya terdapat alun-alun dan masjid di sebelah baratnya.

5. Kompleks Makam Imogiri


Tempat ini merupakan lokasi pemakaman raja terbesar Mataram Islam yaitu Sultan Agung yang meninggal pada 1632. Kompleks makam Imogiri terletak di Dusun Pajimatan, Girirejo, Imogiri, Bantul, DIY.

6. Taman Sari


Taman Sari adalah situs bekas taman istana yang dimiliki oleh Keraton Yogyakarta. Taman Sari diperkirakan dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono (HB) I yaitu pada tahun 1758-1765.

7. Keraton Kasunanan Surakarta


Keraton yang dibangun pada tahun 1745 ini kini beralih fungsi menjadi sebuah museum ini memiliki pusaka-pusaka kerajaan, barang-barang antik, dan senjata kuno peninggalan masa lalu.

8. Benteng Vastenburg


Benteng yang dibangun pada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff merupakan bagian dari pengawasan Belanda terhadap penguasa Surakarta. Lokasinya berada di kelurahan Kedung Lumbu, kecamatan Pasar Kliwon, kota Surakarta, Jawa Tengah.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)