Gunung Marapi Erupsi Muntahkan Abu Vulkanik 1.500 Meter, Warga Agam Gemetar

Kamis, 28 Maret 2024 - 06:38 WIB
loading...
Gunung Marapi Erupsi Muntahkan Abu Vulkanik 1.500 Meter, Warga Agam Gemetar
Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dua kali erupsi pada Rabu (27/3) malam. Foto/PVMBG
A A A
AGAM - Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat kembali mengalami peningkatan aktivitas erupsi yang mengkhawatirkan pada Rabu (27/3) malam. Sebab, terjadi dua kali letusan besar disertai lontaran lava pijar.

Letusan pertama terjadi pada pukul 20.54 WIB, diikuti oleh letusan kedua sekitar satu jam kemudian, tepatnya pukul 21.57 WIB. Letusan-letusan tersebut melontarkan lava pijar dan abu vulkanik setinggi 1.500 meter di atas kawah Gunung Marapi.

Aktivitas erupsi yang meningkat telah membuat warga sekitar Marapi menjadi cemas dan dalam kewaspadaan yang tinggi. Bahkan, warga panik dan gemetara sambil melihat kondisi Gunung Marapi dari kaki gunung.



Perangkat Desa Wali Jorong Lukok, Nagari Sariak, Joni Ismail menyatakan bahwa warga di sekitar kawasan tersebut, yang berjarak sekitar 5 kilometer dari gunung, merasakan gemuruh dan getaran saat erupsi terjadi.

”Kami dari Jorong Lukok cukup mendengar jelas suara gemuruh dari puncak gunung dan disertai ada getaran-getaran kecil. Hal ini yang membuat kami gemetar dan ketakutan,” kata Joni kepada wartawan, Kamis (28/3/2024).

”Jadi kami dari warga di Jorong Lukok yang kebetulan kami juga standby tiap malam di Posko Siaga Erupsi Gunung Marapi cukup melihat jelas kondisi erupsi gunung Marapi di saat terjadi erupsi. Bagaimana begitu jelasnya lava pijar itu kami lihat,” sambungnya.



Kekinian, dampak dari erupsi tersebut membuat warga hingga pagi ini sangat cemas dan cukup panik dan terus bersiaga. “Kami bersama warga lainnya terus bersiaga melihat kondisi Gunung Marapi berkoordinasi dengan pihak aparat setempat,” ucapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4318 seconds (0.1#10.140)