alexametrics

Serang Petugas, Empat Begal Truk Ditembak Mati

loading...
Serang Petugas, Empat Begal Truk Ditembak Mati
Mobil sedan yang ditumpangi empat pelaku begal diamankan di Polres Tuban. SINDOnews/Lukman Hakim
A+ A-
TUBAN - Empat begal spesialis truk, ditembak mati Tim Marong Satreskrim Polres Tuban karena menyerang petugas saat hendak ditangkap, Rabu (24/10/2018) pukul 01.30 WIB.

Keempat begal tersebut, adalahMoch Samsul Huda, warga Bekasi; Richop Rohim warga Bekasi; Karlim warga Indramayu; dan Aprilianto, warga Subang. Berdasarkan catatan Satreskrim Polres Tuban, ke-empat pelaku begal itu sudah tiga kali melakukan pencurian di wilayah Mojokerto, satu kali di Gresik, satu kali di Semarang, tiga kali di Lampung dan Tuban.

Salah satu korban di Tuban adalah seorang sopir truk bernama Agus Budianto (32). “Modus operandi pelaku, merusak kunci truk dengan kunci T dan juga merampas di jalan,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Rabu (24/10/2018).



Kronologis kejadian, lanjut Barung, pada Selasa (23/10/2018) pukul 03.30 WIB, di depan rumah korban di Dusun Ngindahan, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, terjadi pencurian satu unit truk bernopol AD 1787 milik Agus Budianto. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp160 juta.

“Setelah menerima laporan dari korban,Tim Marong Satreskrim Polres Tuban langsung mendatangi lokasi kejadian dan memeriksa CCTV. Dari CCTV terlihat gambar satu truk milik korban diikuti satu unit sebuah mobil sedan,” terangnya.

Lalu pada Rabu (24/10/2018), Tim Marong mengetahui mobil sedan yang mirip seperti yang ada di CCTV melintas di jalanan di Tuban. Tim selanjutnya melakukan pengejaran dan penghadangan. Namun mobil tersebut menerobos hadangan petugas.

Petugas lantas melakukan tembakan peringatan. Namun, tembakan itu tidak diindahkan, sehingga petugas melakukan tindakan tegas dengan melakukan penembakan ke arah ban belakang kiri.

Tembakan peringatan petugas itu mendapat tembakan balasan dari para pelaku. Selanjutnya dilakukan tembakan ke kaca depan dan kaca. Akibatnya, mobil oleng dan menabrak pohon jati.

Tiga dari empat pelaku keluar dari mobil dan langsung menyerang petugas menggunakan senjata tajam. Polisi melakukan tembakan ke arah pelaku sehingga ketiga begal itupun tewas di lokasi kejadian. Sementara satu pelaku lainnya meninggal di dalam kendaraan. Setelah itu, jenazah komplotan begal ini dibawa ke RSUD Dr Koesma Tuban untuk diautopsi. Dalam kasus ini, pelaku begal tersebut dijerat 363 dan 365 KUHP.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak