Ustaz Adi Hidayat Tanggapi Kontroversi Poster Film Kiblat

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:15 WIB
loading...
Ustaz Adi Hidayat Tanggapi Kontroversi Poster Film Kiblat
Ustaz Adi Hidayat mengungkap bahwa konten apa pun yang akan disajikan ke publik, termasuk film, sebaiknya mengandung nilai moral yang mengedukasi dan mengarahkan kepada kebaikan. Foto/YouTube Adi Hidayat Official
A A A
JAKARTA - Film Kiblat yang belakangan menjadi sorotan publik kembali menuai tanggapan dari pemuka agama. Setelah Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Bidang Dakwah KH Cholil Nafis dan Ustad Hilmi Fauzi, giliran Ustaz Adi Hidayat yang memberikan tanggapannya.

Ustaz Adi Hidayat mengungkap bahwa konten apa pun yang akan disajikan ke publik, termasuk film, sebaiknya mengandung nilai moral yang mengedukasi dan mengarahkan kepada kebaikan. Jangan hanya membuat konten hanya untuk menuai kontroversi demi mendapatkan atensi publik.

“Konten baiknya menyajikan berbagai tuntunan yang betul-betul bisa dipedomani, mengandung nilai etis, moral, mengedukasi, mengarahkan pada kebaikan, bukan sekedar mencari peminat ataupun juga penikmat dengan genre tertentu yang justru melahirkan kontroversi,” ujar Ustaz Adi Hidayat, dikutip dari kanal YouTube pribadinya, Adi Hidayat Official, Rabu (27/3/24).



Ustaz Adi Hidayat juga menyampaikan bahwa sah-sah saja jika sengaja ingin membuat judul atau tema film yang menarik perhatian. Namun, tetap harus memperhatikan nilai moral, jangan yang bertentangan dengan apa yang sudah mengakar di masyarakat, terlebih menyinggung agama tertentu.

“Sah saja membuat judul yang menarik perhatian, namun menjadi tidak sah itu dilakukan jika bertentangan baik dengan nilai moral yang telah mengakar di masyarakat apalagi nilai keyakinan-keyakinan tertentu,” katanya.

Ustaz Adi Hidayat meyakini suatu film atau konten apa pun tetap akan laris di pasaran jika disajikan dengan cara yang memikat tapi tidak menimbulkan kontroversi karena meresahkan masyarakat.

"Insya Allah akan laku juga jika itu disajikan dengan cara yang baik, memikat, dan baik. Jika ada yang baik, mengapa harus menyajikan yang kurang baik, jika ada saleh mengapa harus memilih yang salah. Akan lebih bagus dilakukan dengan cara promosi yang baik,” jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat juga mengimbau para pegiat seni tidak berdalih dengan meminta masyarakat menonton dulu filmnya sebelum berkomentar, jangan hanya melihat dari konten promosinya saja.

Menurutnya, konten promosi bukan hanya harus memikat tapi juga dilakukan dengan cara-cara yang tidak berpotensi menimbulkan kontroversi. Jangan membuat konten promosi dengan sesuatu yang dinilai dekat dengan masyarakat tapi maknanya bertabrakan dengan apa yang sudah diyakini.

Ustaz Adi Hidayat mencontohkan penggunaan kiblat yang selama ini bagi umat Islam adalah arah untuk salat, gambaran arah ka'bah, jangan dikaitkan dengan hal lain yang berbeda, seperti dalam gambar poster yang memperlihatkan pose sedang rukuk tetapi terbalik seperti sedang kayang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)