alexametrics

Rail Clinic dan Rail Library PT KAI Sambangi Stasiun Delanggu

loading...
Rail Clinic dan Rail Library PT KAI Sambangi Stasiun Delanggu
Masyarakat memeriksakan diri di Rail Clinik yang menyambangi Stasiun Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (23/10/2018). FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A+ A-
KLATEN - Kereta Api Khusus Kesehatan atau Rail Clinic PT Kereta Api Indonesia (KAI) hadir di Stasiun Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (23/10/2018). Selain memberikan pelayanan kesehatan bagi ratusan warga setempat, juga dilaksanakan pembagian 50 kacamata gratis untuk siswa sekolah dasar (SD).

Pelayanan kesehatan yang diberikan di Stasiun Delanggu dilayani dengan rail clinic generasi keempat. Terdapat dua gerbong untuk layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya sebagai perpustakaan atau Rail Library. "Layanan yang kami berikan merupakan pelayanan kesehatan tingkat pertama," kata Manager Unit Kesehatan PT Daops VI Yogyakarta Weliansyah di Stasiun Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (23/10/2018). Pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan, warga juga menunjukkan kartu undangan yang sebelumnya telah diberikan. Namun demikian, warga lainnya yang tidak mendapatkan undangan namun ingin memeriksakan kesehatannya tetap akan dilayani. Tercatat ada 300 warga di sekitar Stasiun Delanggu yang mendapat undangan guna memeriksakan kesehatannya.

"Kami juga melakukan pembagian 50 kacamatan gratis untuk siswa SDN Gatak, dan SDN Tlobong," katanya. Kegiatan itu juga diisi penyuluhan kesehatan, serta keamanan dan ketertiban di sekitar jalur KA.

Manajer SDM PT KAI Daops VI Yogyakarta Junaidi mengemukakan, kegiatan yang diselenggarakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Dalam bakti sosial pengobatan gratis, seluruh proses tindakan dilakukan di atas rel KA.

"Pembuatan Rail Clinic dilatarbelakangi semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat, khususnya di bidang KA dengan memanfaatkan jalur KA," kata Junaidi. Pengobatan melalui Rail Clinic bertujuan meningkatkan kesehatan warga di sekitar wilayah kerja PT KAI Daops VI.

Rail Clinic dan Rail Library PT KAI Sambangi Stasiun Delanggu


Sementara dalam Rail Library terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak sampai dewasa. Selain itu juga disediakan fasilitas e-library yang dilengkapi enam buah monitor layar sentuh dengan data base berbagai bacaan, video edukatif, serta lagu anak anak.

Sebelum di Stasiun Delanggu, kegiatan serupa telah dilaksanakan di Stasiun Jenar Kabupaten Purworejo, dan Stasiun Patukan di Kabupaten Sleman pada Juli lalu.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak