Mudik Lebaran 2024, KAI Pantau 7 Titik Ruas Rel KA Rawan Bencana

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:21 WIB
loading...
Mudik Lebaran 2024, KAI Pantau 7 Titik Ruas Rel KA Rawan Bencana
Rel kereta api di wilayah antara Stasiun Pohgajih - Sumberpucung Malang saat diterjang longsor. Foto: MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Sebanyak tujuh titik diwaspadai PT Kereta Api Indonesia (KAI) karena memiliki kerawanan bencana di masa lebaran 2024. Tujuh titik ini rawan terjadinya bencana seperti banjir dan longsor.

Tujuh titik ini tersebar di wilayah KAI Daop 8 Surabaya, yang membentang mulai dari sisi utara hingga Stasiun Tobo Padangan, di Kabupaten Bojonegoro, di jalur tengah hingga Stasiun Mojokerto, dan jalur selatan hingga Stasiun Wlingi, Kabupaten Blitar.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menuturkan, dari panjang perlintasan rel kereta api di wilayahnya sejauh 530.168 kilometer, dengan melintasi 11 kabupaten kota di Jawa Timur, ada 7 titik jalur rawan.



”Ada 7 wilayah, di sini ada dua (jalur antara Stasiun) Pohgajih Wlingi, daerah longsor kemarin, sama Jodipan jembatan, itu menjadi daerah pantauan khusus kami rawan terjadi bencana alam,” ucap Luqman Arif di Stasiun Malang, Rabu (27/3/2024).

Ia menjelaskan, bila di jalur rel kereta antara Stasiun Wlingi Blitar hingga Stasiun Sumberpucung, Malang misalnya ada beberapa titik yang rawan longsor dan banjir. Di tengah cuaca ekstrim yang masih terjadi, hal ini tentu bisa membuat perjalanan kereta api (KA) juga terganggu.

”(Ruas jalur kereta api Wlingi - Sumberpucung) Pernah longsor, pernah tahun kemarin itu sampai mengganggu perjalanan kereta api,” ungkapnya.



Sedangkan jalur rel KA di Jembatan Jodipan, Kota Malang juga disebut Luqman rawan, sebab di bawahnya membentang Sungai Brantas, yang memiliki arus cukup deras.

“Kalau yang di Jodipan ini mungkin sungainya kan ini marus hujan, arusnya deras, itu ada jembatan panjang jembatan kereta, ini mungkin kekuatan jembatan yang jadi perhatian kami,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)