alexametrics

Pemkot Bandung Berharap Program Dana Kelurahan Segera Digulirkan

loading...
Pemkot Bandung Berharap Program Dana Kelurahan Segera Digulirkan
Wali Kota Bandung Oded M Danial. Foto/Istimewa
A+ A-
BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung menyambut positif rencana program dana kelurahan yang siap digulirkan pemerintah pusat. Bahkan, Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap program tersebut segera direalisasikan.

Oded mengatakan, rencana dana kelurahan ini muncul dari aspirasi Asosiasi Pemerintah Kota (Apeksi) kepada Presiden Joko Widodo di Bogor beberapa waktu lalu. Aspirasi tersebut disampaikan langsung kepada Jokowi.

"Mudah-mudahan itu bagian dari aspirasi yang bisa direalisasi. Kalau ada, bisa direalisasikan ya alhamdulillah," ujar Oded di Balai Kota Bandung, Selasa (23/10/2018).



Dia berharap dana kelurahan tersebut sama besarannya dengan dana desa yang sudah berjalan sejak lama. "Kalau dana desa satu miliar rupiah, dana kelurahan harapannya sama juga," katanya.

Oded menjelaskan, dana Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) dan dana kelurahan akan tetap dijalankan. Bahkan, sambung dia, dana kelurahan dapat membantu merealisasikan kenaikan dana PIPPK dari Rp100 juta menjadi Rp200 juta per RW. "PIPPK tetap jalan, karena itu kan (dana kelurahan) belum ada. Kalau sudah jalan baru kita bahas," ucapnya.

Untuk peningkatan dana PIPPK, kata Oded, saat ini masih tahap pembahasan di DPRD Kota Bandung. Dia berharap anggaran mencukupi sehingga dana yang dipakai untuk membangun RW meningkat dua kali lipat.

"Kita lihat nanti kesanggupan anggarannya. Kalau bisa alhamdulillah, kalau enggak ya kita bertahap. Semangat kita ingin maksimal, ideal. Tapi ketika melangkah, bekerja, disesuaikan dengan kondisi anggaran," tutur Oded.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak