BPBD Kota Denpasar Gencar Lakukan Sosialisasi Mitigasi Bencana

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:22 WIB
BPBD Kota Denpasar Gencar Lakukan Sosialisasi Mitigasi Bencana
BPBD Kota Denpasar Gencar Lakukan Sosialisasi Mitigasi Bencana
A A A
DENPASAR - Pemkot Denpasar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) gencar menggelar sosialisasi mitigasi bencana. Kegiatan tersebut menyasar seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan edukasi tentang kebencanaan. Sebab, bencana bisa datang kapan saja, sehingga masyarakat dapat lebih waspada dan mengambil langkah tepat jika terjadi bencana untuk meminimalisir potensi risiko.

Kepala BPBD Kota Denpasar IB Joni Ariwibawa didampingi Sekretaris BPBD Kota Denpasar Rhicardus Ardhi Ganggas mengatakan, Denpasar sebagai pusat kota memiliki tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi dengan beragam aktivitasnya. Sebagai salah satu daerah yang dekat dengan zona cincin api tentu kemampuan mitigasi bencana harus terus disosialisasikan dengan maksimal.

"Bencana bisa datang kapan saja, semua daerah memiliki kerawanan tersendiri, apalagi daerah yang yang dilalui cincin api. Semua pihak harus waspada dan memahami yang namanya mitigasi bencana, sehingga kalaupun nanti terjadi bencana, risiko terburuknya dapat diminimalisir," jelasnya, dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Selasa (23/10/2018).

Untuk itu, lanjut Joni, BPBD Kota Denpasat terus melaksanakan sosialisasi tentang mitigasi bencana dengan menyasar seluruh elemen masyarakat hingga paling bawah. Mulai dari pusat pemerintahan, perkantoran, hotel, restaurant, rumah sakit, sekolah, fasilitas publik, hingga linmas dan pecalang sebagai ujung tombak sosialisasi di tingkat desa/kelurahan.

"Mitigas bencana harus dipahami seluruh masyarakat, dan semua elemen hingga yang terbawah harus bahu membahu saling memberi pengetahuan tentang Mitigasi Bencana," paparnya.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan yakni sosialisasi penanganan bencana bagi pecalang dan linmas, edukasi dini mitigasi bencana kepada siswa TK/PAUD, simulasi bencana dengan menyasar Sekolah, fasilitas umum serta lokasi strategis dengan jumlah kumpulan masyarakat yang banyak. Kegiatan tersebut dikemas mulai dengan cara memadamkan api, cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa dan tsunami, serta aspek-aspek penting mitigasi bencana lainnya.

"Kita di BPBD Kota Denpasar sudah sejak dulu gencar memberikan edukasi mitigasi bencana atau cara-cara guna meminimalisir risiko saat terjadinya bencana. Hal lainya yang turut disosialisasikan yakni tata cara mengatasi hewan liar, serta gangguan lainya yang berisiko," jelasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9180 seconds (0.1#10.140)