Kasus DBD Meningkat, Ini 5 Asupan untuk Pasien Demam Berdarah

Rabu, 27 Maret 2024 - 03:30 WIB
loading...
Kasus DBD Meningkat, Ini 5 Asupan untuk Pasien Demam Berdarah
Para pasien DBD pun perlu ditangani dengan tepat agar tidak mengalami komplikasi. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah asupan dari makanan bergizi. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin meningkat. Di Indonesia sendiri, DBD mencapai 35.556 kasus hingga minggu ke-11 tahun 2024.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum lama ini mengungkapkan penyebab kasus DBD yang meningkat di Tanah Air. Salah satunya ialah curah hujan dan bencana banjir yang menyebabkan nyamuk mudah berkembang biak.

Para pasien DBD pun perlu ditangani dengan tepat agar tidak mengalami komplikasi. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah asupan dari makanan bergizi.



Melansir laman Tua Saude, Rabu (27/3/2024), pengobatan demam berdarah harus melibatkan konsumsi makanan seperti daging merah tanpa lemak, daging putih, dan sayuran berdaun hijau. Makanan ini cenderung memiliki kandungan protein dan zat besi yang tinggi sehingga membantu mencegah anemia serta memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang keduanya merupakan faktor cepatnya pemulihan.

Untuk itu, ada beberapa jenis asupan yang patut dikonsumsi para pasien DBD untuk mempercepat pemulihan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Air Kelapa

Pertama ada air kelapa. Pasien DBD dianjurkan meminum air kelapa untuk mempercepat proses pemulihan mereka. Air kelapa kaya akan garam dan mineral. Dengan mengonsumsi air kelapa, Anda tidak akan mengalami dehidrasi karena menjaga keseimbangan elektrolit tubuh tetap stabil. Ini juga mengurangi kelemahan dan membuat tubuh Anda tetap terstimulasi.

2. Buah Delima

Pasien DBD dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan air dan vitamin. Salah satunya yang direkomendasikan ialah buah delima.

Buah delima kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang membantu mengurangi kelelahan dan kelelahan. Delima membantu penderita demam berdarah dalam menjaga jumlah trombosit darah yang diperlukan dan pulih dari demam berdarah lebih cepat.

3. Yoghurt

Kemudian yoghurt. Makanan satu ini merupakan sumber protein yang baik dan bisa merangsang sistem imunitas tubuh.

Selain baik untuk pencernaan, yoghurt juga dianjurkan dikonsumsi oleh pasien DBD. Bakteri baik pada yoghurt membantu memerangi penyakit bakteri jahat hingga virus.


4. Teh Herbal

Teh herbal juga dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Teh ini dapat dikonsumsi oleh para pasien DBD sebagai asupan pemulihan.

Komponen penting dalam teh herbal seperti kapulaga, kayu manis, jahe, dan papermint dapat membantu pasien demam berdarah dalam merilekskan tubuh dan pikiran. Minuman ini juga membuat tidur lebih nyenyak dan membantu pemulihan lebih cepat.

5. Jeruk

Satu lagi asupan yang baik untuk pasien DBD ialah jeruk. Buah yang kaya vitamin ini baik dikonsumsi oleh pasien DBD.

Jeruk kaya antioksidan dan Vitamin C. Buah ini pun membantu dalam mengobati dan menghilangkan virus demam berdarah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3276 seconds (0.1#10.140)