Ramadan di Gaza: Makanan Langka namun Kesedihan Berlimpah

Selasa, 26 Maret 2024 - 18:01 WIB
loading...
Ramadan di Gaza: Makanan Langka namun Kesedihan Berlimpah
Warga Palestina menyiapkan makanan selama bulan suci Ramadan di Rafah pada 13 Maret 2024. Foto/REUTERS
A A A
JALUR GAZA - Bagi 2,2 juta Muslim di Gaza, Ramadan secara historis merupakan waktu pertemuan sosial yang menggembirakan, refleksi spiritual, pembaruan iman, dan reuni keluarga yang disayangi.

Namun, selama satu dekade terakhir, perang Israel yang berulang di Jalur Gaza telah membayangi tradisi yang dulunya pernah hidup ini.

Serangan genosida oleh Israel yang sedang berlangsung, yang telah merenggut lebih dari 32.000 nyawa warga Palestina dan menghancurkan Gaza, menjadikan bulan ini sebagai bulan yang paling menghancurkan.

Bahkan ketika bertemu dengan orang yang lewat di jalan, seseorang tidak dapat dengan sopan mengucapkan “Ramadan Kareem” kepada mereka.

Ucapan selamat seperti itu terasa tidak pantas dan hampir memalukan, karena semua perayaan Ramadan yang penuh kegembiraan telah digantikan oleh duka yang tenang, hanya diselingi gema perang, kesedihan dan kesulitan.

“Tahun lalu, saya sangat senang bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang layak untuk pertama kalinya dalam karir saya. Dipenuhi dengan perasaan berkelimpahan, saya mengejutkan 22 keponakan saya dengan lentera warna-warni, atau ‘fanoos’, untuk menyambut bulan suci ini,” ungkap Ghada Alhaddad, jurnalis yang tinggal di Gaza.

Dia menjelaskan, “Kebahagiaan mereka menular, dan saya bersumpah untuk menjadikan hadiah ini sebagai ritual tahunan. Saya tidak tahu bahwa keadaan di luar kendali saya akan menghancurkan janji kebahagiaan ini secara brutal.”

Saat ini, realitas kehidupan di Gaza telah berubah drastis. “Banyak keponakan saya yang tinggal di tenda-tenda, menghadapi kelaparan dan terpaksa mengungsi akibat kerusakan akibat perang. Yang lainnya telah meninggalkan Gaza sepenuhnya, mencari perlindungan di tempat lain,” ujar dia.

Semua Jadi Puing


Dalam kondisi “normal” atau senormal mungkin selama blokade, minggu-minggu menjelang Ramadan biasa dipenuhi dengan persiapan.

Jalan-jalan di Gaza akan menjadi hidup ketika rumah tangga dan bisnis menghiasi balkon dan etalase toko mereka dengan lentera untuk menyambut bulan suci.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)