5 Ayat dan Hadis Tentang Malam Nuzulul Qur'an

Rabu, 27 Maret 2024 - 04:05 WIB
loading...
5 Ayat dan Hadis Tentang Malam Nuzulul Quran
Ayat dan hadis tentang malam Nuzulul Quran penting diketahui umat Muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga sebagai pengingat peristiwa bersejarah dalam agama Islam tersebut. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Ayat dan hadis tentang malam Nuzulul Qur'an penting diketahui umat Muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga sebagai pengingat peristiwa bersejarah dalam agama Islam tersebut.

Secara umum, Nuzulul Quran dikenali sebagai salah satu peristiwa bersejarah bagi umat Islam. Momen tersebut menandai pertama kalinya Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam

Peristiwa Nuzulul Qur'an terjadi pada bulan suci Ramadan. Waktu itu, Nabi Muhammad SAW mendapat 5 ayat pertama dari Surat Al-Alaq. Di balik peristiwa penting tersebut, terdapat sejumlah ayat dan hadis yang berkaitan dengan Nuzulul Quran. Berikut beberapa di antaranya yang bisa diketahui.

Ayat dan Hadis Tentang Nuzulul Quran

1. Surat Al Baqarah Ayat 185

شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ


“Syahru ramadanal-lazi unzila fihil-qur'anu hudal lin-nasi wa bayyinatim minal-huda wal-furqan(i), faman syahida minkumusy-syahra falyasumh(u) wa man kana maridan au ala safarin fa iddatum min ayyamin ukhar(a), yuridullahu bikumul-yusra wa la yuridu bikumul-usr(a), wa litukmilul-iddata wa litukabbirullaha ala ma hadakum wa laallakum tasykurun”

Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Ayat di atas menjelaskan bahwa permulaan diturunkannya Al Quran terjadi pada bulan Ramadan. Hal ini sesuai dengan pandangan bahwa Nuzulul Quran terjadi di malam ke-17 Ramadan.

2. Surat Ad Dukhan Ayat 3

اِنَّاۤ اَنۡزَلۡنٰهُ فِىۡ لَيۡلَةٍ مُّبٰـرَكَةٍ‌ اِنَّا كُنَّا مُنۡذِرِيۡنَ


“Innaaa anzalnaahu fii lailatim mubaarakah; innaa kunnaa munziriin”

Artinya: “sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan”

Para ulama tafsir, termasuk al-Qurtubi mengatakan bahwa yang dimaksud ‘malam yang diberkahi’ pada ayat di atas adalah malam ketika diturunkannya Al Quran.

3. Hadis Ath-Thabrani dan Abu Syaibah

عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَال : مَا أَشُكُّ وَلاَ أَمْتَرِي أَنَّهَا لَيْلَةُ سَبْعَ عَشْرَةَ مِنْ رَمَضَانَ لَيْلَةَ أُنْزِل الْقُرْآنُ


Artinya: “Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu anhu berkata: ”Aku tidak ragu bahwa malam 17 Ramadan adalah malam turunnya Al-Quran.” (HR. Ath-Thabarani dan Abu Syaibah).

Hadis di atas menegaskan bahwa malam Nuzulul Quran terjadi di bulan suci Ramadan. Adapun waktu tepatnya adalah malam ke-17.

4. Surat Al Anfal Ayat 41

وَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّمَا غَنِمۡتُمۡ مِّنۡ شَىۡءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَ لِلرَّسُوۡلِ وَلِذِى الۡقُرۡبٰى وَالۡيَتٰمٰى وَالۡمَسٰكِيۡنِ وَابۡنِ السَّبِيۡلِ ۙ اِنۡ كُنۡتُمۡ اٰمَنۡتُمۡ بِاللّٰهِ وَمَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلٰى عَبۡدِنَا يَوۡمَ الۡفُرۡقَانِ يَوۡمَ الۡتَقَى الۡجَمۡعٰنِ‌ ؕ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ


Wa'lamu annama ganimtum min syai'in fa anna lillahi khumusahu wa lir-rasuli wa lizil-qurba wal-yatama wal-masakini wabnis-sabili in kuntum amantum billahi wa ma anzalna 'ala 'abdina yaumal-furqani yaumal-taqal-jam'an(i), wallahu 'ala kulli syai'in qadir

Artinya: Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika7 kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu”

Ayat di atas menjadi salah satu dasar peringatan Nuzulul Quran setiap malam ke-17 bulan Ramadan.

5. Al Qadr Ayat 1,3, dan 4

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ


“Innaa anzalnaahu fii lailatil qadr”

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar."

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ


“Lailatul qadri khairum min alfii shahr”

Artinya: “Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2538 seconds (0.1#10.140)