Ini Bahaya Lewatkan Sahur saat Akan Berpuasa

Selasa, 26 Maret 2024 - 04:36 WIB
loading...
Ini Bahaya Lewatkan Sahur saat Akan Berpuasa
Sebelum berpuasa di bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk bersantap sahur terlebih dahulu. Foto Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebelum berpuasa di bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk bersantap sahur terlebih dahulu. Selain menjadi sunnah Rasulullah SAW, makan sahur sebelum berpuasa bisa menambah energi serta membantu tubuh tetap kuat saat menahan lapar dan haus lebih dari 12 jam.

Meskipun melewatkan sahur tak berdosa, namun sebaiknya Anda tidak melakukannya. Sebab, melewatkan sahur sebelum berpuasa bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh.

Lantas, apa saja bahayanya bila melewatkan santap sahur sebelum berpuasa?



Melansir Health X Change, Selasa (26/3/2024), melewatkan sahur akan memperpanjang masa puasa. Hal ini lantaran tubuh Anda harus bergantung pada makanan sebelumnya untuk memberi semua nutrisi dan energi hingga berbuka puasa. Karena puasa selama belasan jam, Anda cenderung merasa dehidrasi dan lelah di siang hari bila tak makan dan minum yang cukup saat sahur.

Ketika berpuasa, sahur akan menjadi salah satu makanan utama dan menggantikan sarapan Anda.

Melansir Daily Sabah, Sıla Bilgili Tokgoz seorang ahli nutrisi mengatakan, tak sahur sebelum berpuasa bisa berpengaruh pada kondisi imunitas tubuh.

“Pastikan Anda bangun untuk sahur. Melewatkan sahur juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh,” ungkap Tokgoz.

Selain mempengaruhi imunitas tubuh, melewatkan sahur juga bisa berdampak pada gula darah. Masalah pencernaan pun bisa menjadi ancaman bila tak makan sahur sebelum berpuasa.

“Jika tidak (sahur), Anda mungkin merasa lemah dan lelah atau menderita gula darah rendah dan sembelit di siang hari," kata Tokgoz.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)