Keindahan Jumputan Gambo Muba Pukau Warga Australia

Jum'at, 19 Oktober 2018 - 14:39 WIB
Keindahan Jumputan Gambo Muba Pukau Warga Australia
Keindahan Jumputan Gambo Muba Pukau Warga Australia
A A A
PERTH - Kain khas karya anak negeri Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel) yakni jumputan Gambo Muba terus gencar diperkenalkan ke dunia. Kain jumbutan khas Muba ini telah merambah ke industri fesyen internasional.

Dalam berbagai kesempatan, baik di dalam maupun luar negeri, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin dan Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza terus memperkenalkan dan mempromosikan kain Gambo Muba. Kali ini, Gambo Muba diperkenalkan di Margareth River Senior High School di Perth, Australia.

“Jika hasil produk lokal kita dikenal warga dunia tentunya akan meningkat penghasilan, khususnya para pelaku pembuat Gambo Muba binaan TP PKK Musi banyuasin ini,” kata Thia dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (19/10/2018).

Jumputan Gambo Muba ini telah sukses memukau dalam acara Palembang Fashion Week beberapa waktu lalu. Jumputan Gambo Muba juga jadi cinderamata buruan Asian Games 2018 silam.

Kini produk getah gambir asal dari Musi Banyuasin itu mulai mendunia. Produk yang lebih sering disebut Gambo itu mulai diproduksi masal ibu-ibu PKK. “Saat ini jenisnya sudah banyak, seperti bomber, baju batik, payung dan tas yang unik,” lanjut Thia.

Di Perth, hasil produk lokal Muba diperkenalkan satu per satu, di antaranya jumputan Gambo Muba dan jaket Gambo Muba. Selain promosi Gambo Muba, juga diberikan sebagai cenderamata berupa kain dan aksesoris berbahan Gambo Muba kepada Principal Margaret River Senior High School, Andrew Host. “Saya sangat tertarik dengan Gambo Muba,” kata Andrew Host.

Dodi dan Thia berkunjung ke MRSHS dalam rangkaian menghadiri kegiatan Closing Ceremony Partnership Program Lighthouse Schools-Public Schools in Margaret River School, Australia. Dalam acara itu, keduanya tampak kompak dan bangga mengenakan jaket bomber berbahan Gambo Muba.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9285 seconds (0.1#10.140)