alexametrics

Antisipasi Munculnya Api, Puluhan Personel Satgas Sisir Gunung Merbabu

loading...
Antisipasi Munculnya Api, Puluhan Personel Satgas Sisir Gunung Merbabu
Puluhan personel Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Gunung Merbabu, Jumat (19/10/2018) pagi kembali melakukan penyisiran hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. SINDOnews/Angga
A+ A-
SEMARANG - Puluhan personel Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Gunung Merbabu, Jumat (19/10/2018) pagi kembali melakukan penyisiran hutan Taman Nasional Gunung Merbabu yang terbakar di wilayah Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi munculnya kobakaran api pasca kebakaran yang menghanguskan 400 hektare di gunung berketinggian sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

Komandan Koramil 03/Getasan Kapten Inf Hermanus mengatakan, penyisiran hari ini dilakukan di dua wilayah, yakni di wilayah Dusun Thekelan dan Gedong, Desa Batur. Dari pantauan hingga ketinggian sekitar 2.200 mdpl, di wilayah Thekelan sudah tidak apai maupun kepulan asap.

"Dari wilayah Thekelan terpantau sudah tidak ada bara api mau pun kepulan asap. Untuk pantauan di wilayah Gedong saya belum tahu hasilnya. Ini saya masih berada di atas (hutan)," kata Kapten Inf Hermanus saat dihubungi SINDOnews melalui telepon selulernya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang Heru Subroto menyatakan, kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Merbabu sudah bisa dikendalikan. "Hanya pemadaman belum tuntas semua. Kita masih melakukan pemantauan," katanya.

Terkait status tanggap darurat bencana kebakaran Gunung Merbabu, Heru menyatakan, hingga saat ini belum dicabut. "Status tanggap darurat tidak dicabut. Akan berakhir hingga batas waktunya," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak