alexametrics

TMMD 103 Kodim 0315/Bintan Buka Jalan di Tanah Rawa

loading...
TMMD 103 Kodim 0315/Bintan Buka Jalan di Tanah Rawa
Satgas TMMD 103 Kodim 0315/Bintan dan warga bahu membahu mengerjakan pembukaan jalan sepanjang 4.050 meter di Desa Pengudang, Teluk Sebong, Bintan, Rabu (17/10/2018). Foto/Novel M Sinaga
A+ A-
BINTAN - Hari ketiga TMMD 103 Kodim 0315/Bintan, Satgas di Desa Pengudang, Teluk Sebong, Bintan, Rabu (17/10/2018) terus bergelut dengan pekerjaan fisik pembukaan jalan sepanjang 4.050 meter. Kondisi lahan yang merupakan lokasi rawa, menjadi pekerjaan tambahan yang melelahkan bagi para prajurit dan warga.

Pantauan di lokasi, Komando Dan SSK TMMD Lettu Inf M Yusuf terlihat mengawasi satgas TMMD yang sedang melaksanakan pembuatan pasangan batu miring di salah satu sungai yang dilewati badan jalan yang baru saja dibuka.

"Kontrol terhadap pekerjaan yang dilakukan, sehingga target capaian kerja dapat terpenuhi dengan harapan pekerjaan ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," ujar Yusuf.



Yusuf menjelaskan pekerjaan fisik yang dilakukan oleh satgas TMMD di hari ini berupa pemasangan batu miring, pembukaan jalan, penimbunan dan pemasangan kayu cerucuk atau tiang pancang.

Cerucuk adalah istilah dalam bidang konstruksi sebuah pondasi yang didesain untuk membangun di atas kondisi tanah yang kurang mendukung dengan kondisi tanah yang kurang stabil dimana elevasi muka air tanah yang cukup tinggi.

"Pondasi Cerucuk dilakukan dengan cara menancapkan kayu sebagai daya dukung tanah dengan diameter 8 -15 sentimeter. Hampir sama dengan prinsip pondasi pancang," jelasnya.

Ia melanjutkan, pemasangan kayu cerucuk yang menjadi dasar dari batu miring di tanah yang merupakan rawa sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya longsor pada badan jalan serta menghindari longsor pada bibir sungai. Cerucuk juga mampu menopang luapan air sungai di sekitar jalan, yang dapat merusak badan jalan.

"Pembangunan cerucuk ini sudah berhasil dilakukan bersama satgas TMMD dan warga Desa Pengudang. Pembangunan cerucuk ini cukup berat terlebih di tanah rawa. Namun menjadi terasa ringan dengan adanya kerja sama antara satgas TMMD dan masyarakat," pungkasnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak