Banjir Terjang 10 Kecamatan di Aceh Barat, Ribuan Rumah Terendam

Rabu, 17 Oktober 2018 - 16:32 WIB
Banjir Terjang 10 Kecamatan di Aceh Barat, Ribuan Rumah Terendam
Banjir Terjang 10 Kecamatan di Aceh Barat, Ribuan Rumah Terendam
A A A
ACEH BARAT - Bencana banjir menerjang Kabupaten Aceh Barat, Aceh setelah hujan lebat mengguyur daerah itu selama dua hari terkahir. Ribuan rumah warga di sepuluh kecamatan terendam banjir.

Selain merendam ribuan rumah warga, banjir juga melumpuhkan akses jalan dan menyeret satu mobil. Ribuan rumah warga di sepuluh kecamatan, direndam banjir setinggi 50 centimeter hingga 1 meter lebih. Akibatnya aktivitas warga lumpuh total.

Warga yang rumahnya direndam banjir mulai mengungsi ke tempat yang lebih tinggi mengingat ketinggian air terus meningkat. Situasi diperparah curah hujan masih tinggi.

Selain merendam rumah warga, banjir juga melumpuhkan akses jalan desa di yang tersebar di seluruh kecamatan di Aceh Barat.

Satu unit mobil yang nekat menerobos banjir di Kecamatan Samatiga terjungkal karena derasnya air. Warga bersama-masa berusaha mengevekuasi mobil tersebut.

Dari data penganggulangan bencana daerah Kabupaten Aceh Barat, korban banjir saat ini sudah mencapai 11.250 jiwa dari yang tersebar di seluruh kecamatan di Aceh Barat.

Ratna, korban banjir mengatakan, rumah mereka sudah banyak yang tenggelam dan ada juga yang sudah mengungsi. Saat ini warga belum tersentuh bantuan. (Baca Juga: Cerita Siswa SD yang Selamat dari Banjir Bandang Mandailing Natal )

Dedy Gunawar, Camat Samatiga mengatakan, bantuan untuk korban banjir yang rumah terendam akan diusahakan secepatnya, mengingat kondisi debit air semakin meninggi. (Baca Juga: Pulang Liputan, Tiga Jurnalis Televisi Terseret Banjir Bandang )

Banjir yang melanda Aceh Barat diprediksi kian meningkat mengingat curah hujan di wilayah Aceh belum reda. (Baca Juga: Jembatan Putus, Warga dan Pelajar Seberangi Sungai dengan Rakit )
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2143 seconds (0.1#10.140)