alexametrics

Penjelasan Kapolres Sikka soal Perkelahian Oknum Polisi dengan TNI

loading...
Penjelasan Kapolres Sikka soal Perkelahian Oknum Polisi dengan TNI
Kapolres Sikka AKBP Rickson Situmorang dan Kalaksa Lanal Maumere Letkol Laut Muchsin Wibowo di Mapolres Sikka, Rabu (17/10/2018). iNews TV/Joni Nura
A+ A-
MAUMERE - Kapolres Sikka AKBP Rickson Situmorang membantah telah terjadi bentrok antara personel Polri dan anggota Lanal di KP3 Laut Pelabuhan Laurens Say, Maumere Sabtu 13 Oktober lalu. Dia menyebut masalah sesungguhnya adalah kesalahapahaman antara oknum polisi dan oknum Lanal. (Baca: Pelabuhan Lorens Say Maurere Mencekam Pascabentrok TNI dengan Polisi)Sebelumnya pada Minggu 14 Oktober 2018, Pos Pol KP3 Laut Pelabuhan Laurens Say sempat diduduki sejumlah pasukan TNI AL yang berseragam. Aksi ini menyusul adanya perkelahian antara personel Pangkalan TNI AL Maumere dengan anggota Polisi yang bertugas di Pos Pol KP3 Laut Pelabuhan Laurens Say, pada Sabtu malam 13 Oktober 2018.

Penjelasan Kapolres Sikka soal Perkelahian Oknum Polisi dengan TNI


“Kami tekankan bahwa intinya bukan bentrok yang terjadi di KP3 Laut. Itu hanya kesalahan anggota kami, selisih paham dengan anggota Lanal,” jelas Rickson Situmorang bersama Kalaksa Lanal Maumere Letkol Laut Muchsin Wibowo dan Wakapolres Sikka Kompol Iwan Iswayuhdi di Mapolres Sikka, Rabu (17/10/2018).

Rickson Situmorang tidak menjelaskan secara detail kronologi kejadian yang mengakibatkan dua anggota keamanan tersebut sampai terlibat berkelahi. Dia mengatakan, baik anggota KP3 Laut maupun anggota lanal yang bertikai tersebut, pada saat itu sedang melaksanakan tugas di Pelabuhan Laurens Say.

"Kesalahapahaman antara oknum polisi dan oknum lanal sudah diselesaikan malam itu juga di Polres Sikka pascakejadian. Kemudian kedua oknum itu dibawa ke Mapolres Sikka, dimana masing-masing pimpinan dua institusi ini melakukan mediasi untuk menyelesaikan persoalan," timpalnya.

Secara internal, kata Rickson Situmorang, dia telah melakukan pemeriksaan terhadap oknum polisi dan semua polisi yang bertugas malam itu di Pelabuhan Laurens Say.

Oknum polisi yang terlibat perkelahian akan ditarik dari tugas dinas di KP3 Laut. Terhadap peristiwa ini, Rickson Situmorang menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sikka.

Dia juga meminta maaf kepada pimpinan dan keluarga besar Lanal Maumere. Dia mengaku kurang mampu melakukan pembinaan terhadap anggotanya, yang berakibat kurang bijaksana dalam menyelsaikan masalah di lapangan.

“Saya menyampaikan maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat Kabupaten Sikka, juga kepada Komandan Lanal Maumere dan keluarga besar Lanal Maumere atas kekurangmampuan saya membina anggota,” ujar Rickson Situmorang.

Rickson Situmorang juga menyinggung suasana di Pelabuhan Laurens Say dalam keadaan kondusif. Dia mengimbau masyarakat agar tidak perlu kuatir, dan tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab seperti biasa.

Situasi di Pelabuhan Maumere sendiri sekarang sudah aman dan pada hari Senin Pospol KP3 sempat kosong tanpa anggota berjaga di Pospol karena Kapolres sikka memanggil semua anggota polisi yang bertugas di KP3 laut berkumpul di Polres Sikka untuk memberikan pengarahan pada anggotanya agar tidak terpancing oleh isu yang berkembang.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak