Cara Berobat Pakai BPJS Kesehatan di Luar Kota saat Mudik

Senin, 25 Maret 2024 - 07:00 WIB
loading...
Cara Berobat Pakai BPJS Kesehatan di Luar Kota saat Mudik
Masyarakat dapat berobat menggunakan BPJS Kesehatan selama berada di luar kota saat mudik lebaran. Tepatnya selama periode 8-15 April 2024. Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat dapat berobat menggunakan BPJS Kesehatan selama berada di luar kota saat mudik lebaran. Tepatnya selama periode 8-15 April 2024. Hal ini guna memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan.

Nantinya, para peserta BPJS Kesehatan dapat mengakses pelayanan rawat jalan di fasilitas kesehatan lain sebanyak tiga kali dalam sebulan.

“Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti dalam keterangan tertulis, Minggu (24/3/2024).



Untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut, peserta BPJS Kesehatan diimbau untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulan per tanggal 10 agar status kepesertaan tetap aktif.

"Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala," ujar Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Lily Kresnowati.

Selain itu, Lily menyampaikan bahwa nantinya masyarakat dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik. Lily menambahkan, peserta JKN juga dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

Dalam hal ini, peserta BPJS Kesehatan tidak perlu panik melakukan pengobatan berjalan di luar kota. Pasalnya saat ini telah hadir fitur i-Care JKN yang merangkum riwayat kesehatan peserta JKN dalam 12 bulan terakhir.

"Kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi Mobile JKN," terang Lily.

Lebih lanjut Lily mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, serta berolahraga ringan secara rutin.


Posko Mudik Kesehatan

Selain mempermudah masyarakat untuk rawat jalan di luar kota, BPJS Kesehatan juga menghadirkan Posko Mudik Kesehatan pada 5-9 April 2024.

Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik. Mulai Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Travoy KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, hingga Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

"Posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan,” kata Ghufron.

“Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran ini," pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)