Kobar Siap Jadi Tujuan Wisata Bertaraf Internasional

Rabu, 17 Oktober 2018 - 08:40 WIB
Kobar Siap Jadi Tujuan Wisata Bertaraf Internasional
Kobar Siap Jadi Tujuan Wisata Bertaraf Internasional
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Wonderful Sail to Indonesia merupakan program tahunan guna mendorong pembangunan kepariwisataan di Indonesia, salah satu tujuan lokasi transit para pesertanya adalah Pelabuhan Kumai di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah Marsetio mengungkapkan, di beberapa negara menjadikan sektor pariwisata sebagai program prioritas pembangunan.

Sebab sektor tersebut mampu menyumbangkan nilai devisa terbesar bagi pendapatan negara. "Negara mana pun yang menjadi tujuan wisata, itu menjadi devisa negara terbesar," katanya saat penyambutan rombongan peserta Wonderful Sail to Indonesia2018 di Dermaga Tanjung Puting Kumai, beberapa waktu lalu.

Dia mencontohkan beberapa negara ASEAN, seperti Singapura tercatat jumlah kunjungan wisatawannya melebihi dari jumlah penduduk. lainnya seperti Malaysia juga menunjukkan kondisi yang sama.

Marsetio menyampaikan, kondisi sektor kepariwisataan di Indonesia kini menunjukan tren kemajuan yang cukup baik. Di mana pada awal 2015, jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia sebanyak 9,4 juta, dan tahun ini berada pada angka 15 juta, selanjutnya pada 2020 nanti diproyeksikan mencapai lebih dari 20 juta kunjungan wisatawan.

"Kita lihat Singapura, penduduknya 5,5 juta, turisnya 15 juta. Kemudian Malaysia penduduknya 26 juta kunjungan wisatawannya 28 juta. Thailand turisnya 40 juta, penduduknya 32 juta. Ini artinya bahwa turis merupakan pendapatan devisa negara terbesar," jelasnya.

"Saya mengapresiasi Bupati Kobar dan Wakil Bupati Kobar beserta jajarannya, ternyata tahun depan Kabupaten Kobar masuk dalam salah satu tujuan Wonderful Sail to Indonesia 2019," tambahnya.

Bupati Kobar Nurhidayah menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perhubungan yang telah mendukung program pembangunan kepariwistaan di Kabupaten Kobar.

Beliau juga mengatakan keinginnya untuk menjadikan Kabupaten Kobar sebagai destinasi wisata Bali baru ke-11 di Indonesia, karena menurutnya Kabupaten Kobar mempunyai potensi-potensi wisata yang tak kalah dengan daerah lainnya.

"Selain kita punya Taman Nasional Tanjung Puting dengan kera besarnya sebagai ikon kunjungan wisata, Kabupaten Kobar juga punya potensi wisata religi, wisata budaya yang tak kalah dengan daerah lainnya," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2996 seconds (0.1#10.140)