alexametrics

Negosiasi Alot, Ormas Bersikeras Tolak Habib Bahar bin Smith

loading...
Negosiasi Alot, Ormas Bersikeras Tolak Habib Bahar bin Smith
Negosiasi pihak Pemerintah Provinsi Sulut, aparat keamanan TNI/Polri, ormas adat, serta keluarga Habib Bahar Smith. Foto Ist
A+ A-
MANADO - Negosiasi pihak Pemerintah Provinsi Sulut dengan ormas adat, aparat keamanan dan keluarga Habib Bahar Smith terkait kedatangan sang habib untuk mengikuti Haul Akbar di Manado belum diketahui hasilnya hingga Senin malam (15/10/2018).

Pihak Pemprov Sulut diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sulut, Edison Humiang; Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Sulut, Mecky Onibala. Sementara aparat keamanan diwakili Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara; Dandim 1309 Manado Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan; Danlanudsri Kol Nav Insan Nanjaya serta General Manager Angkasa Pura I, Minggus Gandeguai. Baca juga: Tolak Habib Bahar Bin Smith, Ormas Kepung Bandara Sam Ratulangi)

Namun pihak ormas adat Minahasa tetap menolak kedatangan Al Habib Muhammad Bahar bin Ali bin Smith beserta rombongan ke Manado.

“Mereka (Habib Bahar) tidak kita izinkan untuk datang di tanah adat Minahasa,” kata Frangky Boseke salah satu perwakilan ormas. Selama ini, kata dia, kehidupan di Sulut sudah sangat teruji saling menghormati setiap suku dan agama.

Sementara itu, sampai pukul 19.30 Wita ratusan massa adat Minahasa masih bertahan di Bandara. Meski demikian kondisi bandara dan seluruh aktivitasnya tetap normal.

Sebelumnya Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Manado Kombes Pol FX Surya Kumara akan menjamin terlaksananya kegiatan Haul Akbar yang akan dihadiri oleh Habib Bahar bin Smith.

Kapolresta menjelaskan, telah melakukan pertemuan dengan tokoh Islam dimana kegiatan haul akbar sendiri sudah lama menjadi tradisi dalam memperingati setahun, ataupun seberapa lama tokoh agama muslim seperti Kiai, Wali, atau Sunan Habib telah meninggal.

“Pertemuan dengan imam masjid Habib Abubakar Bin Smith, membahas persiapan acara yang direncanakan dilaksanakan pada Senin sore ini,” ujar Kapolresta Manado.

Dalam persiapan menyambut Haul Akbar, Polresta Manado, kata dia, akan mengerahkan sebagian personelnya untuk pengamanan jalannya acara tersebut .

“Saya akan kerahkan personel baik itu dari semua Polsek dan pasti akan diperbantukan dengan Sabhara Rayon. Agar semua akan berjalan dengan baik, dimana sesuai informasi yang diperoleh. Ada tokoh-tokoh agama yang besar akan menghadiri acara tersebut,” ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan SINDOnews belum mendapat konfirmasi dari pihak penyelenggara haul akbar maupun pihak Habib Bahar bin Smith.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak