Pakai QRIS BRI, Belanja di Warung Yuni Tak Pusing Uang Kembalian

Minggu, 24 Maret 2024 - 08:30 WIB
loading...
Pakai QRIS BRI, Belanja di Warung Yuni Tak Pusing Uang Kembalian
Warung kelontong Yuni adalah salah satu warung pinggir jalan yang menggunakan QRIS yang disediakan BRI. FOTO/Wahyono
A A A
JAKARTA - Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di masyarakat semakin berkembang. Pasalnya, metode pembayaran non-tunai lewat QRIS bisa dilakukan di berbagai tempat. Tak hanya di mal, restoran, atau minimarket, kini QRIS mudah ditemui di pedagang kaki lima hingga warung pinggir jalan.

Berbagai kelebihan yang ditawarkan QRIS pun turut dihadirkan oleh sektor perbankan yang terus beradaptasi dan berinovasi melalui layanan mobile banking. Salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) yang menghadirkan fitur QRIS.



Warung kelontong Yuni adalah salah satu warung pinggir jalan yang menggunakan QRIS. Lokasinya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Menurut Nurwahyuni, pemilik toko kelontong Yuni, sistem pembayaran dengan QRIS BRI sudah tersedia di warungnya sejak 2022. Mulai saat itu, pembeli yang menggunakan QRIS di warung kelontong Yuni makin bertambah banyak.

“Rata-rata yang gunakan QRIS kebanyakan pelajar, terutama untuk jajan,” tutur Nurwahyuni saat berbincang dengan Sindonews di warung kelontongnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Menurut perempuan yang akrab disapa Yuni ini, di warung kelontongnya memang menyediakan aneka jajanan mulai dari makanan kecil, minuman ringan, kopi hingga indomie yang selama ini banyak digemari kalangan pelajar yang nongkrong di warungnya. Lokasinya yang berada di pinggir jalan besar membuat warung kelontong Yuni jadi lokasi nongkrong favorit pelajar.

Yuni mengaku selama ini dirinya tidak mempromosikan layanan sistem pembayaran QRIS BRI yang dimiliki warungnya. Justru para pembeli sendiri termasuk di antaranya para pelajar yang aktif menanyakan apakah di warung kelontongnya menyediakan sistem pembayaran dengan QRIS.

“Saya tidak pernah memberitahukan ke mereka. Biasanya mereka tahu sendiri karena kan tulisan QRIS sudah saya tempel di warung. Atau kalau tidak, kebanyakan mereka nanya sendiri, bisa pakai QRIS gak untuk bayar?” tambah Yuni yang selama ini selain sebagai Agen BRILink juga menjadi nasabah KUR Mikro BRI.

Yuni mengungkapkan, selain banyak digunakan para pelajar untuk membayar jajan, QRIS di warung kelontongnya juga bisa untuk menarik uang tunai. Yang melakukan ini biasannya setelah membeli sesuatu barang baru kemudian sisannya untuk narik tunai. “Biasanya banyak tuh yang beli rokok pakai QRIS, terus sisanya ambil tunai,”ujar Yuni

Menurut penuturan sejumlah pembeli di warung kelontongnya, kata Yuni, mereka merasakan kemudahan bertransaksi dengan sistem pembayaran QRIS BRI. “Katanya mudah dan praktis gitu Pak,” ujarnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)