ACT DIY dan UII Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Sulteng

Sabtu, 13 Oktober 2018 - 13:00 WIB
ACT DIY dan UII Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Sulteng
ACT DIY dan UII Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Sulteng
A A A
YOGYAKARTA - ACT dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengirimkan Truk Kemanusiaan tahap kedua untuk masyarakat korban gempa tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jum’at (12/9/2018).

Bantuan logistik berupa berupa sembako, pakaian baru, selimut, tenda, alas tidur, dan perlengkapan kebersihan, serta kebutuhan perlengkapan bayi dan lansia, sebanyak 6 Truk Kemanusiaan diberangkatkan dari halaman UII seusai salat Jum’at.

Kepala cabang ACT DIY, Agus Budi Hariyadi, mengucapkan terima kasih kepada UII serta seluruh mitra, donatur ACT, dan juga masyarakat Yogyakarta yang peduli untuk saudara-saudara kita di Palu-Sigi dan Donggala.

Rektor UII, Fathul Wahid mengatakan bahwa bantuan ini merupakan wujud cinta dan bukti empati kepada sesama manusia.

Jumat pekan sebelumnya UII menerjunkan tim pertolongan dan tim medis di sana. Tim medis yang kedua berangkat Rabu lalu, menggantikan tim medis pertama yang pulang ke Yogyakarta pada hari yang sama, setelah sepekan bekhidmat di sana.

"Semoga ikhtiar kami ini berandil meringankan beban saudara-saudara kita,” tambahnya.

Iring-iringan Truk Kemanusiaan dari Yogyakarta akan menuju IHC (Indonesian Humanitarian Center) yang berlokasi di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, dan akan dilayarkan bersama Kapal Kemanusiaan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menggunakan armada kapal perang TNI AL pada Minggu (14/9/2018).

Bertolak dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Kapal kemanusiaan yang akan membawa sebanyak 1000 ton bantuan logistik yang dikumpulkan dari kantor-kantor cabang ACT di seluruh Indonesia akan menuju posko Induk ACT yang berada di Palu, Sulawesi Tengah, dan diperkirakan lama pelayaran akan memakan waktu 3 hari.

Pemberangkatan truk logistik ini akan terus berlanjut sampai kondisi di Sulteng pulih. ACT DIY bersama seluruh kantor cabang lainnya akan terus mengirimkan amanah kepedulian publik Indonesia dari berbagai wilayah.

“Kami terus membuka lebar bagi segenap warga, instansi, lembaga dan komunitas di seluruh wilayah Yogyakarta untuk terus berdonasi, baik itu yang sifatnya logistik atau pun donasi tunai untuk kami kirimkan menuju Kota Palu, Sigi dan Donggala pada tahap selanjutnya,” tandas Agus.

Bagi warga Yogyakarta yang juga ingin menyampaikan bantuan untuk saudara sebangsa, baik di Lombok ataupun di Sulawesi Tengah dapat langsung ke Posko Kemanusiaan ACT DIY di Jl. Nitikan Baru No.41, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, atau via Careline 0851 0313 4440.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4627 seconds (0.1#10.140)