Awas! Kebiasaan ini Bisa Bikin Kadar Kolesterol Naik saat Berpuasa

Kamis, 21 Maret 2024 - 15:44 WIB
loading...
Awas! Kebiasaan ini Bisa Bikin Kadar Kolesterol Naik saat Berpuasa
Berpuasa memberikan dampak kesehatan yang baik jika disertai dengan pola makan yang sehat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ketika berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan dari cairan maupun makan selama hampir 13 jam. Tentu berpuasa memberikan dampak kesehatan yang baik jika disertai dengan pola makan yang sehat.

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, berpuasa bisa membantu menormalkan atau menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Akan tetapi berpuasa ternyata juga bisa bikin kolesterol naik jika Anda kalap mengonsumsi takjil manis dan mengandung lemak.

Dokter sekaligus content creator kesehatan dr. Saddam Ismail mengungkapkan bahwa konsumsi takjil berupa minuman manis, makanan manis, dan juga gorengan bisa bikin kolesterol naik meski telah berpuasa seharian.



“Mengonsumsi makanan manis ya makanan berlemak dan makannya dalam jumlah yang banyak mulai dari takjil minuman manis, makanan manis, kue yang manis-manis, gorengan, dan makanan yang mengandung lemak lainnya,” kata dr. Saddam dikutip dari kanal Youtube Sadam Ismail, Kamis (21/3/2024).

Banyak orang yang mudah tergiur untuk mengonsumsi berbagai jenis gorengan dan takjil bersantan sesaat setelah berbuka puasa. Alhasil pola makan menjadi tidak terjaga dengan baik.

Kadar kolesterol dalam tubuh akan semakin meningkat apabila ketika makan besar, Anda langsung mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji atau mi instan.

“Saat berbuka puasa ataupun saat sahur tiba-tiba isi makanan yang nggak sehat ya sampai penuh, sampai kekenyangan. Apalagi jika mengonsumsi makanan yang meningkatkan kolesterol,” jelasnya.



Selain itu, penyebab meningkatnya kolesterol saat berpuasa yakni karena tubuh mengalami kekurangan taurin. Taurin merupakan kandungan yang bisa membantu tubuh menurunkan kolesterol.

Taurin bisa didapatkan dari Zinc dan juga vitamin A. Oleh karenanya, dr. Saddam menyarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang tinggi akan Zinc dan vitamin A, seperti wortel, paprika, ubi jalar, bayam, brokoli, kacang-kacangan, ataupun telur.

“Tapi tetap ya jangan konsumsi berlebihan saat puasa teman-teman. Saya ingatkan tetap perhatikan nutrisi dan gizi makanan harus tetap seimbang. Tidak menjamin kita puasa seharian menahan lapar dan haus, kolesterol bisa turun kalau tidak dijaga,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2382 seconds (0.1#10.140)