alexametrics

Sultan Deli Doakan Jokowi Lanjutkan Pembangunan

loading...
Sultan Deli Doakan Jokowi Lanjutkan Pembangunan
Presiden Jokowi saat menerima gelar kebangsawanan tertinggi dari Kesultanan Deli, Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri di Istnana Mainum Kota Medan kemarin (7/10/2018). Foto/Andi Yusri
A+ A-
MEDAN - Presiden Joko Widodo mendapat gelar kebangsawanan tertinggi dari Kesultanan Deli, yakni Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri. Gelar kebangsawanan ini disematkan langsung oleh Sultan Deli Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam dalam prosesi adat Melayu di Balai Room Istana Maimun, Medan, Minggu (7/10/2018).

Pemberian gelar ini ditandai dengan pemasangan tengkuluk khas Melayu sebagai tanda penghormatan. Selanjutnya, Jokowi disematkan pin dan keris Kesultanan Deli sebelum dilakukan penandatanganan surat dan cap Kesultanan Deli. Dengan gelar baru itu, Jokowi mendapat kursi kehormatan dan menjadi kerabat Kesultanan Deli.

Sultan Deli Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perksa Alam menyampaikan gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri merupakan gelar bangsawan tertinggi di Kesultanan Deli yang bermakna pemimpin yang baik pembawa angin segar ke pelosok negeri. "Saya merasakan adanya kepentingan untuk merawat dan menjaga kesinambungan Pemerintahan di bawah pimpinan Bapak Presiden," terangnya.



Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perksa Alam mendoakan agar Presiden Jokowi dapat melanjutkan pembangunan. "Kami jajaran Kesultanan Deli berdoa agar kiranya stabilitas politik, keamanan serta kemajuan perekonomian nasional yang dicapai Pemerintah saat ini dapat terus secara kontinu kita nikmati paska pesta politik nasional pada tahun 2019," tegas Sultan Deli XIV.

Sementara itu, Jokowi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kesultanan Deli atas gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri yang telah diperolehnya. "Di dalam gelar adat ini, saya merasakan terkandung amanat dan tugas berat yang diberikan pada saya untuk mewujudkan harapan dari Kesultanan Deli. Juga harapan dari kerajaan-kerajaan se-Nusantara, pemangku adat Indonesia, dan ulama untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang Baldatun, Thoyibatun wa Rabbun Gofur," ujar Presiden.

Menurut Jokowi, energi utama dan modal untuk meraih kemajuan Indonesia adalah budaya. Untuk itu, Jokowi mengajak semua pihak untuk turut melestarikan budaya dan adat istiadat. "Indonesia maju dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur asli bangsa Indonesia," tuturnya.

Acara anugerah gelar adat turut disaksikan 7.000-an lebih masyarakat Sumut di Pelataran Istana Maimun, Medan. Masyarakat tampak antusias menyambut kehadiran Presiden Jokowi di tengah-tengah keluarga besar Kesultanan Deli.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak