Kekuatan NasDem di Parlemen Tak Besar, Surya Paloh Pertimbangkan Gulirkan Hak Angket

Kamis, 21 Maret 2024 - 06:05 WIB
loading...
Kekuatan NasDem di Parlemen Tak Besar, Surya Paloh Pertimbangkan Gulirkan Hak Angket
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan keterangan soal hak angket saat jumpa pers di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024). Foto: iNews Media/Achmad Al-Fiqri
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mempertimbangkan mengeluarkan instruksi kepada fraksi partainya di DPR untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024.

Pasalnya, kekuatan fraksi NasDem di parlemen sangat terbatas untuk mendorong dan memastikan hak angket bergulir di DPR.



"Ada keterusterangan, ada spontanitas, saya pikir saya harus katakan dengan energi Partai NasDem yang relatif masih amat terbatas," ujar Surya saat jumpa pers di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Menurut dia, dukungan wacana hak angket Fraksi NasDem semata-mata untuk menghormati hak konstitusional anggota fraksi di DPR. "Kalaupun NasDem mendorong hak angket itu semata-mata karena penghormatan kepada hak konstitusional yang dimiliki seluruh anggota dewan," ucapnya.

Dengan kekuatan NasDem di parlemen, Surya mempertanyakan efektivitas bila hak angket digulirkan fraksinya. Apalagi hak angket sangat tergantung pada kekuatan suara fraksi di parlemen.

"Demokrasi yang ada saat ini tidak lagi mengedepankan asas musyawarah dan mufakat, tapi suara terbanyak. Ketika kita berhadapan pemilihan suara terbanyak, kita harus pikir dulu kita sudah banyak suara belum?" kata Surya.

Sebelumnya, Koalisi Perubahan mendukung wacana capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang menggulirkan penggunaan hak angket untuk menyelidiki kejanggalan Pemilu 2024.

Sikap itu diputuskan setelah para sekjen Koalisi Perubahan melangsungkan pertemuan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024).

Tiga elite petinggi parpol yang bertemu yakni Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, dan Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi.

Setelah pertemuan, Hermawi mengaku memiliki kesamaan semangat dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang mendukung sikap Ganjar agar DPR menggunakan hak angket.

"Semangat kami sebagai satu kesatuan yang utuh. Tiga partai yang solid berkoalisi, semangat kami seperti semangat yang disampaikan Pak Anies. Kita siap bersama inisiator PDIP menggulirkan angket," ujar Hermawi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)