Ridwan Kamil soal Usulan Gubernur Jakarta Harus Betawi: Biarlah Rakyat yang Memilih

Rabu, 20 Maret 2024 - 16:35 WIB
loading...
Ridwan Kamil soal Usulan Gubernur Jakarta Harus Betawi: Biarlah Rakyat yang Memilih
Ridwan Kamil menanggapi usulan dari Wakil Ketua Komite I DPD, Sylviana Murni terkait calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta harus asli Betawi. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Ridwan Kamil menanggapi usulan dari Wakil Ketua Komite I DPD, Sylviana Murni terkait calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta harus asli Betawi. Dalam unggahan terbarunya, Ridwan Kamil mengungkapkan pendapatnya terkait usulan tersebut.

Menurutnya, memang benar putra daerah menjadi kepala daerah adalah sebuah preferensi, namun itu juga tidak bisa dijadikan kewajiban.



"Putra daerah menjadi kepala daerah itu adalah preferensi. Keafdolan. Tetapi tidak dijadikan kewajiban dan dijadikan persyaratan seperti usulan ibu Sylviana Murni,” tulis Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Rabu (20/3/2024).

“Karena hemat saya, negeri ini adalah NKRI dengan semangat Bhineka Tunggal Ika,” imbuhnya.

Ridwan Kamil pun bercerita bahwa Gubernur Jakarta terbaik menurut versi para ahli sejarah adalah Ali Sadikin yang berasal dari Sumedang, Jabar.

Selain itu, ada juga Gubernur Jabar pertama Soetardjo Karto Hadikusumo dari etnis Jawa dan Gubernur Jabar kedua, Datuk Jamin dari etnis Minang.


Oleh karena itu, mantan Gubernur Jabar ini pun berpesan bahwa persoalan kepala daerah diserahkan kepada rakyat yang akan memilih pemimpin terbaik di wilayahnya.

"Biarlah rakyat memilih sendiri mana yang terbaik untuk wilayah dan negerinya," katanya.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil menjadi salah satu tokoh yang digadang-gadang akan maju di Pilkada Jakarta.

Ridwan Kamil juga sempat mengatakan, keputusan terkait langkah politik ke depannya akan diumumkan pada Juni 2024 mendatang.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)