Lucunya Bayi Orangutan yang Lahir di Taman Safari Lagoi Bintan

Jum'at, 05 Oktober 2018 - 19:21 WIB
Lucunya Bayi Orangutan yang Lahir di Taman Safari Lagoi Bintan
Lucunya Bayi Orangutan yang Lahir di Taman Safari Lagoi Bintan
A A A
BINTAN - Kabar bahagia datang dari lembaga konservasi Taman Safari Lagoi Bintan, Kepulauan Riau. Bayi orangutan telah lahir pada Senin (1/10/2018). Bayi jantan seberat 2 kilogram itu hasil perkawinan ayah orangutan bernama Kapuas (15) dan ibu Barito (10). Sesuai tempat kelahirannya, bayi orangutan itu diberi nama Bintan.

Kelahiran perdana bayi orangutan ini membuat kawasan konservasi Taman Safari Lagoi Bintan ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Mereka sengaja datang untuk melihat langsung kehadiran bayi orangutan di area Konservasi Satwa Langka yang dikelola PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) tersebut.

Guest Relation Officer (GRO) Safari Lagoi Bintan, Candra Gumelar mengatakan induk orangutan, Barito menunjukan tanda-tanda kehamilannya pada Mei 2018. Kondisi perut dan dadanya membesar lalu tidak terlihat menstruasi. "Bagian vulvanya sedikit membengkak tapi belum terlihat jelas," ujar Candra, Jumat (5/10/2018).

Melihat tanda-tanda kehamilan Barito, pihak Safari Lagoi langsung mengambil langkah. Yaitu melakukan pemantauan terhadap perkembangannya selama 259 hari. "Kami langsung menyiapkan kandang khusus demi kenyamanan Barito dan calon si buah hatinya. Kandang itu memisahkan antara Barito dengan sang induk jantan (Kapuas)," tuturnya.
Lucunya Bayi Orangutan yang Lahir di Taman Safari Lagoi Bintan

Dengan hadirnya Bintan, kata Candra, Taman Safari Lagoi yang dilindungi lembaga konservasi ini telah memiliki 5 orangutan. Di antaranya 4 orangutan dewasa dan 1 bayi orangutan.

Bintan menjadi kunci kesuksesan bagi Lembaga Konservasi Indonesia. Sebab bayi orangutan ini merupakan kabar baik negara ini telah berhasil melakukan breeding orangutan yang telah dikembalikan dari luar negeri (repatriasi). "Semoga populasi orangutan terus bertambah dan mampu membantu konservasi ex situ orangutan di Indonesia," ucapnya.

Daya tarik Taman Safari Lagoi ini tidak hanya orangutan. Tetapi masih banyak lagi satwa-satwa langka yang hidup di sana, yaitu komodo, beruang, rusa, buaya, siamang, owa, gajah, kasuari, merak dan berbagai jenis burung lainnya. Dengan koleksi satwa langka ini Safari Lagoi menjadi tempat hiburan, rekreasi sehat dan terjangkau buat seluruh warga serta menjadi sarana pendidikan dan pengetahuan bagi masyarakat Bintan dan Kepri.

"Inilah taman yang tepat bagi masyarakat dalam menikmati liburan. Di sini masyarakat juga bisa mengetahui betapa pentingnya konservasi flora dan fauna," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6835 seconds (0.1#10.140)